TNI Perlu 4.500 Hektare untuk Markas Komando Baru di IKN

Jakarta, DUTA TV — Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memastikan akan membangun pusat komando daerah militer (Kodam) baru di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) yang terletak di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Berbicara usai meninjau kawasan IKN, Andika menyebut markas baru tersebut akan dibangun di atas lahan mencapai 4.500 hektare yang meliputi matra darat, laut, dan udara.

“Kehadiran personel baru ini lengkap dengan alutsistanya [alat utama sistem senjata],” kata Andika, Kamis (17/2/2022).

Andika mengemukakan nantinya dibutuhkan sekitar 50 ribu tentara baru baik itu Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU) untuk menempati markas baru tersebut.

“Kami akan mengajukan penambahan kekuatan antara 30-50 ribu personel baru darat, laut, dan udara di luar kekuatan TNI saat ini,” kata Andika.

Pemerintah sendiri saat ini sudah mengalokasikan lahan seluas 300 hektare di kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) IKN untuk personel TNI. Artinya, pembangunan markas baru berada di luar lahan yang sudah disiapkan.

Sebagai informasi, personel TNI menjadi salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) pertama yang dipindahkan ke kawasan IKN. Jika tak ada aral melintang, personel TNI dan Polri akan dipindahkan pada 2023 mendatang.(cnni)

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.