Inspirasi kaltim Komunikasi

“THE POWER OF COMMUNICATION”

BALIKPAPAN-DUTATV. Sahabat Secangkir Kopi Seribu Inspirasi, ijinkan kali ini saya bercerita yang inspirasinya muncul saat saya dengan Diana Rosianti diundang oleh PT.WIKA Balikpapan untuk sharing session public speaking dengan karyawannya pada tanggal 6 April 2019, setelah mendarat di Bandara Sepinggan kami langsung dibawa ke proyek Apartemen PT.WIKA yang lokasinya sangat dekat dengan Bandara Sepinggan, hitungan waktu di jam saya hanya sekitar 5 menit dan kamipun langsung disapa oleh tuan rumah bapak M.Thantowy sebagai pemimpin di proyek ini.  Kamipun dibawa keliling apartemen yang hampir rampung dibangun, kesan saya ini apartemen yang menarik dan paripurna sebagai tempat istirahat sekaligus bernilai investasi yang tinggi di kota Balikpapan.

Sahabat ! saat diskusi dengan bapak M.Thantowy itulah ternyata terungkap apa yang melatarbelakangi beliau mengundang kami untuk memberikan pelatihan public speaking pada karyawannya, bahwa “KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DALAM PUBLIC SPEAKING ADALAH KUNCI KESUKSESAN DALAM MENGEMBAN PEKERJAAN”.  Saya mengistilahkannya  keinginan beliau untuk memberikan pelatihan kepada karyawannya dimaksudkan agar karyawan bisa berkumonikasi dengan baik kepada “pelanggan” dalam mencapai tujuan perusahaan.

Sahabat ! tidak banyak kesadaran kita tentang begitu pentingnya Komunikasi dalam public speaking, karena mungkin kita menganggap hal tersebut adalah hal yang biasa dan semua kita sudah punya keterampilan berkomunikasi yang dianugerahkan oleh Yang Kuasa.  Akan tetapi bagaimana agar komunikasi yang kita lakukan itu bisa menjadi nilai tambah bagi karyawan dan perusahaan, hal ini barangkali yang belum kita fikirkan, sehingga pada saat memulai pelatihan komunuikasi dengan public speaking ini, kita sudah harus meyakini bahwa SESUNGGUHNYA PUBLIC SPEAKING ITU AKAN MENJADIKAN YANG BIASA MENJADI LUAR BIASA DAN YANG LUAR BIASA MENJADI MENAKJUBKAN.

Sahabat ! kemampuan berkomunukasi dengan public speaking itu selalu diawali oleh proses input pengetahuan dan wawasan terhadap bidang yang ingin kita komunikasikan, sehingga terus terjadi akselarasi proses belajar secara terus menerus untuk “meng-upgrade” pengetahuan dan wawasan yang menjadi bidang keahlian kita atau produk barang dan jasa yang ingin kita komunukasikan, karena tidak mungkin kita bisa berkomunikasi dengan baik kalau kita tidak mengetahui dan memahami substansi yang ingin kita komunikasikan.

Sahabat ! begitu pula mengapa kita bisa lancar berbicara dengan hati yang tulus dan mengena ke hati pendengar atau pelanggan kita, hal ini tidak lain dalam suatu komunukasi public speaking haruslah diri kita yang berkomunikasi itu menjadi figur yang selaras dengan apa-apa yang kita ucapkan, karena akan sangat “kosong” pembicaraan kalau kita bicara tentang kejujuran, sementara kita sendiri adalah orang yang tidak jujur, mana bisa kita bisa bicara dengan lepas dan baik tentang keunggulan produk kita, kalau kita tau bahwa produk kita itu adalah produk yang tidak baik,  Dalam bahasa singkatnya harus linear antara apa yang diucapkan dengan kondisi fakta pesan apa yang ingin kita sampaikan, sehingga komunikasi dalam public speaking mewajibkan kita menjadi sosok pribadi yang jujur dan amanah.

Sahabat ! disamping itu tentu kita juga harus belajar gestur, senyuman, pilihan kata yang baik dan menyenangkan, gerak dan suara yang mampu menggugah perasaan, intonasi yang membuat rasionalitas secara meyakinkan, membangun keakraban, melatih tatapan dan berinteraktif, sampai  seni “mendengarkan” dalam sebuah komunikasi sebagai bagian proses menyampaikan pesan dalam komunikasi tersebut.

Sahabat ! manakala hal-hal tersebut kita lakukan dan kita latih secara terstruktur, maka secara pasti kita akan menjadi seorang “great speaker” yang menarik, tidak hanya menarik saat kita berdiri saat sebagai public speaking, tetapi juga secara otomatis kita menjadi pribadi yang menarik dan menyenangkan. Sampai disini saya punya keyakinan sesungguhnya KETERAMPILAN KOMUNIKASI DALAM PUBLIC SPEAKING ADALAH SALAH SATU KUNCI UTAMA KESUKSESAN.

Terimaksih kami ucapkan kepada Bapak M.Thantowy atas kesempatan session sharing nya, sukses mengembangkan sumber daya yang berkualitas

Salam Secangkir Kopi Seribu Inspirasi.

#Semakintuasemakinbijaksana


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *