SMPN di Martapura Kekurangan Siswa

Martapura, DUTA TV — Inilah 32 siswa baru  kelas tujuh di SMPN 4 Martapura. Dari hasil penerimaan peserta didik baru tahun 2021, data jumlah tersebut  hanya cukup untuk satu rombongan belajar, dari target dua ruang kelas seperti tahun tahun sebelumnya.

Demikian pula di SMPN 3 Martapura. Dari 9 ruang belajar yang dialokasikan untuk siswa baru kelas tujuh, hanya sekitar 187 siswa yang mendaftar ulang atau cukup untuk enam kelas.

Lihat Juga :  Safrizal ZA: Pelaksanaan PTM SMA/SMK di Kalsel Belum Diizinkan

Dari data keseluruhan di Dinas Pendidikan terungkap, kekurangan siswa dari PPDB tahun 2021 mencapai 138 orang, dan didominasi wilayah kota Martapura.

Menurut Pjs Kadisdik Banjar Liana Penny jumlah kekurangan 138 orang tersebut merupakan akumulasi sekolah sekolah yang surplus dan minus. Ditengarai kekurangan siswa terjadi lantaran banyak orang tua mengarahkan anaknya untuk menempuh pendidikan di pondok pesantren.

Lihat Juga :  Siswa Terpapar Covid 19, PTM Terbatas Dibeberapa Sekolah Kotabaru Dihentikan

“Banyak para orang tua yang mengalihkan anaknya untuk menunut ilmu ke pondok pesantren”, Katanya.

Selain bertujuan meningkatkan pemahaman ilmu agama, pondok presantren juga dipilih lantaran lembaga pendidikan ini memilih untuk menerapkan pola pembelajaran tatap muka.

Reporter : Tarida Sitompul

Rahmatillah


Editor & Uploader

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *