Ratusan Alsintan Pendukung Food Estate Dari Kementrian Tiba di Kapuas

Kapuas, DUTA TV — Ratusan alat mesin pertanian atau alsintan pada 31 Agustus didatangkan Kementerian Pertanian ke kantor Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Terdiri dari traktor roda empat sebanyak 137 unit, traktor tangan 150 unit, mesin perontok padi 10 unit dan transplanter atau mesi penanam padi sebanyak 36 unit, ditempatkan di jalan Pemuda Km 4,5 kota Kuala Kapuas.

Alat-alat tersebut dimaksudkan untuk pengembangan food estate, di lima dari 11 kecamatan di Kabupaten Kapuas, yang telah ditetapkan sebagai kawasan lumbung pangan nasional beberapa waktu yang lalu, yakni Kecamatan Tamban Catur, Bataguh, Kapuas Murung, Pulau Petak dan Kapuas Timur.

Penyaluran bantuan akan segera disalurkan kepada kelompok tani, yang pengerjaan tahap pertamanya dimulai pada bulan Oktober atau setalah masa panen selesai di wilayah itu, tahap pertama telah dikirimkan sebanyak 20 unit traktor untuk pengerjaan lahan seluas 20 ribu hektar, di lima dari 11 kecamatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai kawasan food estate.

“Pengiriman ini kan secepatnya karena setelah mereka panenkan mengolah lahan, kelompok-kelompok tani kan lewat sini karena kita menunggu dari pemerintahan, dengan bergadai tanam ini sudah ada yang dikirim,” ucap Anjono Bhakti Kadis Pertanian Kab Kapuas

Anjono Bhakti Kadis Pertanian Kab Kapuas

Anjono Bhakti Kadis Pertanian Kab Kapuas

Untuk Pengiriman Alsintan, Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas akan bekerja sama dengan TNI AD Termasuk untuk pengoperasian alat saat kegiatan pertanian tahap awal di kawasan food estate, karena pihak TNI sebelumnya telah mendapatkan pelatihan cara mengoperasikan alat-alat pertanian tersebut(red/ant).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *