Pasca Penutupan TPS Malkon Temon, DLH Sediakan Program ‘Surung Sintak’

Banjarmasin, DUTA TVTruk khusus ini sengaja ditempatkan didekat Jembatan Sulawesi untuk memudahkan warga atau paman gerobak yang biasa membuang sampah, ke TPS Malkon Temon.

Pasca ditutupnya TPS itu, Dinas Lingkungan Hidup membuat program surung sintak atau program jemput antar truk angkutan sampah, yang pengoprasian mulai dilaksanakan sejak Sabtu lalu (21/11/2020).

Lihat Juga :  TPS 09 Mantuil 'Jemput Bola' Bagi Lansia dan Warga Sakit

Operasional truk ini setiap hari pada saat malam hari, dari pukul 20.00 hingga 22.00 Wita. Pengoprasian pada malam hari dipilih, agar tidak terlalu mengganggu lalu lintas di kawasan itu.

“Kami namakan pelayanan surung sintak, kami mencoba menjembatani kelurahan kelurahan yang tidak mempunyai TPS, sudah sangat overcapacity, contohnya kelurahan Antasan Kecil Timur ini, imbas penutupan TPS kuburan muslimin, sekarang kita bikin surung sintak jadi tanpa sementara,” ucap Marzuki, Kabid Kebersihan DLH.

Lihat Juga :  PSU Banjarmasin, TPS Unik Bernuansa Merah Putih

Keberadaan truk tersebut diketahui mampu memuat sampah enam hingga tujuh ton sampah permalamnya. Meski truk terlalu besar, namun truk mampu mempress sampah yang masuk ke dalam truk.

Reporter : Zein Pahlevi

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *