Lukis Bakar Berbahan Kayu Daur Ulang Bernilai Seni Tinggi

DUTA TV TANAH LAUT – Supian Hadi, seorang seniman yang tinggal di kawasan Berkat Permai Raya, RT 4, kelurahan Angsau, kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut ini menekuni Pyrography atau seni lukis bakar, teknik pyrography yang di tekuni Supian di workshop bersama tiga orang rekannya menggunakan media kayu sebagai pengganti kanvas.

Uniknya lukisan bakar dengan media papan kayu dan plywood atau kayu lapis, Supian memanfaatkan limbah sisa pembuatan mebel dari koleganya, sedangkan peralatan yang digunakan yakni solder yang dimodifikasi sebagai pengganti kuas.

Charger Handphone Dimodifikasi Menjadi Solder Lukis Bakar

Lantaran keterbatasan dana, alat untuk melukis bakar yang digunakan Supian Hadi pada awalnya dia merakit sendiri dengan charger handphone yang dimodifikasi menjadi perangkat solder, kemudian setelah terkumpul dana Supian membeli peralatan solder yang lazim digunakan untuk service elektronika serta travo pemanas untuk melukis bakar.

Berbagai soufenir hasil karya lukisan bakar yakni kaligrafi, lukisan wajah, pemandangan, gantungan kunci, dan mahar pernikahan, hasil karya Supian Hadi di pasarkan melalui jejaring media sosial Facebook dan Instagram, dan bahkan pesanannya hingga menembus ke mancanegara.

Menurut Supian Hadi kerajinan seni yang ditekuninya ini terinspirasi semasa dia kuliah di sebuah perguruan tinggi di kota Yogyakarta.

Dalam menekuni seni lukis bakar Supian Hadi mengaku masih terkendala dalam pemasaran, karena belum memiliki galeri.

“Awalnya kita melihat waktu kuliah di Jogja, kemudian memanfaatkan bahan limbah dari mebel dan terinspirasi melihat di internet karya yang unik-unik, kalau yang pertama untuk memulai dari peralatan, dan cara yang paling sederhana dari charger HP, kalau pemasaran memang ada yang di bawa ke india, untuk sementara pemasaran kita hanya pakai medsos, kedepannya harapan punya galeri sendiri,” kata Supian Hadi.

Supian Hadi, Seniman Pyrography

 

Dirinya juga tergabung dengan komunitas seniman Koppi atau singkatan dari komunitas pelukis pyrograph Indonesia, sehingga karyanya bisa menembus mancanegara.

Sejumlah lukisan bakar hasil karya Supian Hadi diolah berdasarkan pesanan, sedangkan untuk kaligrafi dan souvenir gantungan kunci Supian Hadi memproduksi setiap hari, dari hasil karya lukisan bakar yang ditekuni Supian Hadi sejak setahun terakhir ini bisa memperoleh omset hingga jutaan rupiah setiap bulannya.

 

Reporter : Suhardadi

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *