Dekranasda Kota Banjarmasin Terus Dorong Pengrajin Untuk Berkembang

Jakarta, DUTA TV — Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banjarmasin merupakan organisasi nirlaba yang membawahi binaan para pelaku kerajinan atau ‘craft’. Salah satu tugasnya adalah selain pembinaan juga berupaya untuk mendorong para pengrajin berkembang agar bisa berdaya dan sejahtera. Proses pembinaan berkoordinasi dengan dinas yang menjadi ‘leading sector’nya yaitu Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin).

Dalam upaya pengembangan dan pembinaan, Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Hj. Siti Wasilah bersama Wakil Ketua, Hj. Hardiyanti, berkonsultasi dan diskusi untuk menyerap berbagai informasi dengan jajaran Dirjen Perindustrian bidang terkait di Kementrian Perindustrian.

Pada pertemuan tersebut, hadir juga Ketua Harian Dekranasda Kota Banjarmasin, sekaligus Kepala Dinas Disdagin, Ichrom Muftezar, SSTP, M.Si dan Ketua Bidang Promosi, Diana Rosianti.

Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Hj. Siti Wasilah bersama Wakil Ketua, Hj. Hardiyanti, bersama jajaran Dirjen Perindustrian bidang terkait di Kementrian Perindustrian.(foto : dutatv)

Rombongan diterima oleh Direktur Industri Aneka dan Industri Kecil dan Menengah Kimia, Sandang, dan Kerajinan Ir. E. Ratna Utarianingrum, M.Si dan Direktur Industri Kecil dan Menengah Pangan, Furnitur, dan Bahan Bangunan Riefky Yuswandi, ST, M. Comm. Hadir juga Plt. Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Ir. Reni Yanita, M.Si

Dalam diskusi banyak masukan bagaimana membina dan mengangkat pengusaha baik kategori pemula atau ‘startup’ maupun ukm dan umkm di tingkat pengrajin, agar produknya memenuhi standar pasar baik dalam negeri maupun luar negeri.

Berbagai masukan untuk pengrajin sasirangan juga disampaikan, khususnya oleh plt. Dirjen Industri kecil, Menengah dan Aneka terkait pengelolaan limbah pewarnaan agar tidak mencemari sungai.

Disampaikan oleh Hj. Wasilah, bahwa dalam upaya tersebut dan juga untuk memenuhi permintaan pasar, pengrajin sasirangan di Kota Banjarmasin, sudah mulai beralih ke penggunaan pewarna alam, bahkan memproduksi sendiri pewarna alam dalam bentuk pasta.

Terkait pembinaan pengrajin, juga untuk peningkatan usahanya, prinsipnya Kementrian Perindustrian siap mendukung perkembangan UMKM di Kota Banjarmasin dengan berbagai fasilitas yang telah diprogramkan kementrian. Tinggal melakukan proaktif koordinasi antar dinas terkait dengan kementrian.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Dekranasda juga sekaligus mengundang secara informal pada rencana rangkaian kegiatan Banjarmasin Sasirangan Festival 2021. Kehadiran dan dukungan jajaran kementrian perindustrian selain memberikan semangat juga untuk melihat dari dekat perkembangan pengrajin di Kota Banjarmasin saat ini.

Di akhir pertemuan, Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda juga menyerahkan hasil kerajinan sasirangan pewarna alam, yang sudah dikemas dengan box dari bahan-bahan yang ramah lingkungan dengan kualitas eksport.

Tim liputan

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Rahmatillah

Editor & Uploader

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *