Karhutla

Lahan Semak Belukar Terbakar di Tambang Ulang dan Kintap

DUTA TV TANAH LAUT – Kebakaran lahan kembali terjadi di RT.8 desa Tambang Ulang, kabupaten Tanah Laut pada Senin siang  (04/11/2019).

Api berkobar pada pukul 12.30 Wita Senin siang, dan hingga saat ini belum diketahui asal mula api penyebab kebakaran lahan.

kebakaran kali ini menghanguskan lahan kosong yang ditumbuhi semak belukar, lokasi atau hotspot lahan yang terbakar nyaris mengenai pemukiman warga yang hanya berjarak 50 meter dari titik api.

Sementara, tim Damkar gabungan dari BPBD Tanah Laut dibantu jajaran Polsek Tambang Ulang bersama masyarakat sekitar berusaha memadamkan kobaran api, satu jam berselang api akhirnya berhasil dikuasai.

Musibah kebakaran di RT.8 desa tambang ulang kali ini menghanguskan satu setengah hektar lahan vegetasi semak belukar.

Selain terjadi di wilayah Tambang Ulang pada Senin siang kebakaran lahan juga menghanguskan lahan kosong di wilayah kecamatan Kintap, dan hingga Senin sore masih dalam upaya pemadaman.

Berdasarkan data BPBD Tanah Laut sejak awal Januari hingga tanggal 31 bulan Oktober 2019, telah terjadi karhutla sebanyak 537 kali di kabupaten Tanah Laut, dengan cakupan lahan terdampak karhutla 1.270 hektare lebih, dan wilayah kecamatan Bati-bati mendominasi dengan luasan lahan terbakar 475 hektare.

 

Reporter : Suhardadi


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *