Kursi Dan Meja Dari Botol Bekas Air Mineral

Duta TV Banjarbaru, Siswa Siswi SMA Negeri 1 Kintap Kabupaten Tanah Laut menyulap botol bekas dan sampah plastik menjadi sebuah kreatifitas yang bermanfaat seperti kursi dan meja unik. Hasil kreativitas itupun kini memiliki nilai ekonomi dan siap dipesan.

Selintas satu set furniture yang dipamerkan  hampir tidak ada bedanya dengan furnitur kebanyakan. Namun setelah diperhatikan lebih detail, ternyata dibalik cover kursi maupun meja tersebut terbuat dari sampah daur ulang plastik.

Botol air mineral bekas diisi agar bisa dijadikan furniture yang kokoh

Salah satu siswi Ulfa Mutmainah mengatakan  kreativitas itu hasil belajar dari media sosial. “Lalau saat proses pengerjaan ada kelemahan. Furniture ini hanya  mampu menahan beban 50 kilogram,”ujar Ulfa.

Siswi SMAN 1 Kintap Kab Tala

Kemudian inovasi tambahan dilakukan  dengan mengisi plastik sampah dengan cara dipadatkan. Dan hasilnya, mampu menahan beban hingga dua kali lipat.

Kreativitas para siswa dan siswi ini ternyata  menjadi daya tarik tersendiri bagi sejumlah pengunjung. Alhasil, karya mereka pun sudah masuk daftar pemesanan.

Kepala Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Selatan Nuryanto menyatakan bahwa salah satu hasil karya yang terpilih akan dibawa ke tingkat Nasional.

“Kegiatan gebyar sekolah model sistem penjaminan mutu internal untuk beradu kreativitas dan kualitas mutu pendidikan. Melalui kegiatan gebyar Sekolah Model Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) ini kita dapat memetakan keberhasilan penerapan SPMI. Dari yang sudah ada akan kita bawa ke tingkat Nasional,”jelas Nuryanto.

Sedangkan Kepala SMAN 1 Kintap Aries Eko mengatakan dukungannya terhadap kreatifitas para siswa. Menurut Aries,”Di sinilah tempat dia menguraikan bakat dan prestasi siswa. Hasil – hasilnya selama ini ditampung dan dilaksanakan di sekolah.”

Diharapkan kegiatan gebyar Sekolah Model SPMI ini bisa  terus memicu kreativitas dan produk para siswa untuk bisa melahirkan generasi kreatif dan inovasi di banua.

Reporter : Tarida Sitompul

 

#UPDATE CORONA KALSEL

Slider


Find me on storial.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *