DPRD Kembali Ingatkan : Sungai Bukan Tempat Sampah Lho ya !

Banjarmasin, DUTA TV — Banjir dan fenomena air pasang menjadi persoalan krusial yang terus menimpa warga kota Banjarmasin. Selain kerja nyata dari pemerintah untuk menanggulanginya, hal penting yang perlu perhatian serius adalah kesadaran semua pihak dalam menghormati sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan di sungai.

Anggota DPRD Kota Banjarmasin fraksi PAN, Syarifah Sakinah dalam agenda reses di Banjarmasin Utara mewanti wanti konstituennya agar tidak menjadikan sungai sebagai tempat sampah yang berakibat pada bencana banjir.

Lihat Juga :  Infrastruktur dan Bedah Rumah Masih Jadi Masalah di Alalak Selatan

“Aspirasi terhimpun mengenai jalan di dalam gang, banyak yang  minta perbaikan, juga penerangan padam, juga posyandu minta peralatan. Kebanyakan juga spirasi bak sampah, agar kebersihan terjaga, terlebih di air pasang. Jika sampah sungai dangkal menjadi genangan,”ujarnya.

DPRD Banjarmasin saat reses di kecamatan Banjarmasin Utara (foto:dutatv)

Selain masalah sampah, normalisasi sungai perlu dilanjutkan sebagai upaya pencegahan banjir. Anggota DPRD Kota Banjarmasin dari fraksi Golkar Sukhrowardy juga mengatakan perlunya intens melakukan koordinasi dengan daerah tetangga penyumbang banjir.

Lihat Juga :  Santri Hanyut 10 Kilometer, Diduga Terseret Arus Sungai

“Normalisasi sungai terus kita dorong. Kita komunikasi balai, bahwa ada crossing sungai agar memperlambat debit air di kanal kiri kanan A. Yani. Kami harapkan A. Yani dikembalikan ke zaman dulu, kita terus edukasi ke masyarakat agar sadar bangun gedung jembatan meninggi dengan standart,”ujar Sukhrowardy.

Upaya serius pemerintah ini harus dibarengi dengan kesadaran semua komponen masyarakat mulai dari hal terkecil, yakni tidak membuang sampah sembarangan terutama ke sungai.

Lihat Juga :  Desain Jembatan Kawasan Normalisasi Sungai Rampung Pekan Ini

 

Reporter : Fadli Rizki

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *