Inspirasi

“DOA ORANG TUA”

BANJARMASIN-DUTATV. Sahabat Secangkir Kopi Seribu Inspirasi, ijinkan saya memulai tulisan ini dengan menceritakan sosok sahabat saya yang satu ini, namanya Bahrul Amiq yang sekarang menjabat Rektor UNITOMO Surabaya, kami satu angkatan dimasa menempuh jenjang Stata 2 Ilmu Hukum pada Program Pasca Sarjana UNAIR Surabaya, sekilas pada masa kuliah tidak ada yang sangat istemewa dari sosok sahabat yang satu ini, kecuali pada satu mata kuliah yang kami nilai sulit tetapi dimata Bahrul Amiq mata kuliah itu sangat mudah. Setelah lama tidak berjumpa, pagi tadi saya “tersentak” dari viralnya pidatonya saat acara wisuda UNITOMO yang di share di group alumni Pascasarjana Unair Tahun 1997, suatu pidato yang memuat rahasia sukses dalam kehidupan beliau, dan ternyata inilah kunci yang membuat sosok pribadi Bahrul Amiq menjadi sangat istimewa.

Sahabat ! pidato rektor saat wisuda umumnya berisi pesan-pesan moral untuk mengembangkan ilmu dan mendermakan ilmu tersebut kepada masyarakat, akan tetapi kali ini beliau bercerita tentang “success story” dalam perjalanan hidupnya, “saat saya wisuda tahun 1999 didampingi oleh orang tua dan orang tuanya berkata “saya berdoa suatu saat kamu akan menjadi orang yang mewisuda seperti rektor yang mewisuda kamu sekarang””, berpuluh tahun kemudian Semesta Alam benar-benar mewujudkan doa tersebut mengantarkan sosok sahabat kita ini menjadi rektor dan berdiri pidato mewisuda sebagai Rektor. Kenapa semua itu bisa terjadi ?, hal itu karena  berkat RIDHO DAN DOA ORANG TUA.

Sahabat ! semua menjadi tersentak saat beliau mengatakan “KUNCI SUKSES ADALAH BERBAKTI KEPADA ORANG TUA, JANGAN PERNAH SAKITI ORANG TUA DAN SAYA TIDAK RELA KALAU ADA ALUMNI YANG MENGGUGAT ORANG ATAU MENJADI KUASA HUKUM UNTUK MENGGUGAT ORANG TUANYA”. Coba sahabat renungkan ternyata kunci kesuksesan seorang Bahrul Amiq justeru ada doa orang tua dibaliknya, walaupun kita tidak menampikan adanya “pasangan hebat” (suami atau isteri) disisi kita atau juga atas bantuan pihal lain disamping usaha kita sendiri untuk mencapai kesuksesan itu (baca tulisan  AKU ADALAH KITA di seri inspirasi secangkir kopi seribu inspirasi).

Sahabat ! sampai disini sesungguhnya pesan moral untuk berbakti dan menghormati orang tua ini sudah menjadi kemakluman kita semua, karena  Insyaallah kita sudah mengetahui bahwa orang tua kita itu adalah kunci “syurga” kita, bahkan sudah banyak dikatakan oleh para ustad dengan mengutif kitab suci dan hadist bahwa “syurga itu berada ditelapak kaki ibu” bahwa “ridho Allah itu tergantung ridhonya orang tua” dan seterusnya bahkan saya ingat betul dalam tradisi masyarakat Banjar menghormati orang tua adalah norma yang sangat sakral, sehingga kalau jahat kepada orang tua bisa menyebabkan “gila” atau terganggu jiwanya (sakit jiwa).  Oleh karena itu dalam peristewa apapun kita mesti mengalah dengan orang tua, dan “pantangan” atau “pamali” melawan terhadap orang tua walaupun kita berada dalam posisi yang “benar” pada peristewa itu.

Sahabat ! ditengah pergaulan saya dengan sahabat dari etnis tionghoa juga telah melegitimasi akan ke “sakralan” orang tua, khususnya ibu dalam kesuksesan hidup dan bisnis, sehingga ide atau nasihat orang tua sering dipakai untuk pengembangan bisnis, seperti bisnis mendirikan rumah sakit, karena didorong oleh pengalaman pengobatan orang tua, bahkan orang tua dihadirkan saat pembukaan unit bisnis tersebut, ada semacang “nilai” bahwa bisnis atau rejeki akan baik jika orang tua “ditempatkan” dalam posisi yang “tinggi”.

Sahabat !  sangatlah tepat dan relevan pesan ini disampaikan oleh seorang rektor, bahwa kesuksesan hidup itu bukan karena selesainya pendidikan semata, akan tetapi ridho dan doa orang tua yang membukakan pintu langit untuk mengarahkan hidup kita menuju kepada kesuksesan.

SELAMAT BERBAKTI KEPADA ORANG TUA DAN DOAKAN SELALU SETIAP SAAT KEPADA ORANG TUA YANG SUDAH TIADA.

 

Salam Secangkir Kopi Seribu Inspirasi.

#Semakintuasemakinbijaksana

#semakintuasemakinbahagia


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *