Tongkang Batubara Mulai Bersandar di Pelabuhan Pelaihari

DUTA TV TANAH LAUT – Untuk pertama kalinya tongkang Batubara yang ditarik menggunakan tugboat bersandar di dermaga laut Pelabuhan Pelaihari, yang berlokasi di pesisir laut lepas desa Swarangan, kecamatan Jorong, kabupaten Tanah Laut. uji coba sandar pelabuhan kali ini disaksikan oleh perwakilan dirjen perhubungan laut, bupati Tanah Laut Sukamta beserta segenap pimpinan SKPD dan unsur Forkopimda.

Dalam sambutanya bupati Sukamta menyampaikan rasa syukur atas terealisasinya pembangunan Pelabuhan Laut Pelaihari di desa Swarangan, kecamatan Jorong, setelah memakan waktu selama 12 tahun sejak tahap perencanaan hingga pembangunan dermaga sepanjang 1.100 meter menjorok ke tengah laut, dengan kedalaman air laut sudah memenuhi standar antara 5 sampai 8 meter.

tugboat yang membawa tongkang sandar ke dermaga

tugboat yang membawa tongkang sandar ke dermaga

Dengan uji coba sandar tongkang ini maka Pelabuhan Pelaihari sudah layak untuk beroperasi, agar dapat menunjang distribusi barang dan jasa di kabupaten Tanah Laut, meskipun diakui masih perlu pembenahan sarana akses jalan menuju pelabuhan, yang dinilai masih belum layak untuk dilalui angkutan berkapasitas tonase besar.

“Yang 1,7 Km anggaran tahun ini tidak bisa diaspal, tpi dirijik dulu agar bangunan mantap, kalau langsung aspal bisa cepat rusak, dan untuk pelabuhan penumpang secara bertahap, pertama untuk melayani barang dan jasa dulu,” jelas Sukamta.

Sukamta bupati Tanah Laut

Sukamta bupati Tanah Laut

Sementara itu tahap pembangunan Pelabuhan Laut Pelaihari dilakukan secara multiyear, dan hingga saat ini telah menelan dana APBN melalui kementerian perhubungan laut sebesar Rp100 miliar lebih.

Diharapkan dengan beroperasinya Pelabuhan Laut Pelaihari, maka akan mendongkrak investasi dan perekonomian di Tanah Laut.

Reporter : Suhardadi

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *