Artikel Lifestyle

Seni Beberes Rumah Ala “Metode Konmari”

Pernah gak kamu merasa sumpek saat berada di rumah. Terlalu banyak barang hingga membuat kamu gak memiliki ruang gerak yang cukup. Perabotan penuh debu. Sarang laba – laba di pojok kamar. Jika kamu merasakan hal itu, bisa jadi alarm bahwa kamu perlu untuk berbenah isi rumah.

Namun kebanyakan dari kita tatkala dihadapkan dalam urusan beberes rumah, ada perasaan bingung harus mulai membenahi dari mana dulu nih. Oleh karena itu, ada beberapa tips jitu berasal dari metode konmari dipopulerkan oleh Tidying Expert, Marie Kondo, yang dapat kamu coba aplikasikan dalam kegiatan beberes rumahmu.

 

1. Bayangkan rumah impianmu

Ambil waktu sejenak terlebih dahulu untuk membayangkan seperti apa ruangan yang kamu inginkan. Dipojok mana buku disusun, di area mana karpet ditaruh hingga terbentuk denah ruangan di rumah dengan tata letak barang yang dirasa efisien. Hal Ini juga berguna untuk meminimalisir masuknya barang yang tidak multifungsi ataupun “unfaedah”.

 

2. Does it spark joy?

“aduh ini kan hiasan pemberian temen aku”
“hum.. bonekanya lusuh tapi yang ngasih kan mantan paling aku sayang”.
Metode konmari mengajak kamu untuk mengeliminasi barang dengan lebih logis.

Apakah barang tersebut membuat kamu bahagia, atau justru beban karena harus menyimpan, atau yang lebih parah lagi bikin kamu susah move on. Jika barangnya tidak membuat kamu bahagia, ada baiknya dibuang saja atau disumbangkan.

 

3. Bereskan sesuai kategori, bukan ruangan

Seringkali saat kita beberes rumah, kita membereskan ruangan per ruangan. Ternyata cara tersebut kurang efektif. Menurut marie kondo, agar beberes rumah lebih mudah, benahi barang – barang di rumah sesuai dengan kategori. Misal pakaian, perlengkapan P3K, buku, dan perlengkapan lainnya. Selain membuat barang terlihat rapi, kita juga menjadi lebih mudah saat mencari barang saat dibutuhkan.

4. Bersihkan sekaligus, tidak bertahap

Dalam kegiatan berberes, ada kalanya kita membereskan secara bertahap, nah saat harus melanjutkan di hari berikutnya, justru muncul rasa malas untuk menyelesaikan. Agar hal ini tidak terjadi, marie kondo menyarankan berberes rumah dilakukan satu kali selesai, all at once. Pengerjaan sekaligus seperti ini juga melatih pola pikir dan menjadi kebiasaan baik, yang nantinya akan berdampak terhadap karakter kita di tempat kerja.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat membenahi rumah kamu. Jangan sampai kamu pulang dari kantor dengan perasaan sumpek, eh pas sampai rumah, tambah sumpek melihat perabot yang berantakan. Ingat, rumah yang nyaman menghasilkan pikiran dan jiwa yang lebih tenang.
Selamat beberes rumah!

 

Oleh : Nureza Hasanah


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *