Pemilu

Saksi TPS Dilatih Bawaslu, Banyak Peserta Pemilu Tak Serahkan Data Saksi

DUTA TV BANJARMASINSesuai amanah undang – undang pemilu nomor 7 tahun 2017, saksi di tempat pemungutan suara dari peserta pemilu diberikan pembekalan atau pelatihan oleh penyelenggara pemilu bawaslu.

Hingga jelang pelaksanaan yang dijadwalkan 7 hingga 10 April 2019, masih banyak peserta pemilu baik partai politik, calon DPD, atau paslon Presiden, belum memberikan data saksi mereka ke bawaslu setempat.

Ketua bawaslu Kalsel Iwan Setiawan mengatakan dibeberapa kabupaten menyerahkan jumlah saksi variatif, dari puluhan hingga ribuan, dan bahkan ada yang sama sekali tak menyampaikan data saksi utusan peserta pemilu.

“Pelatihan saksi dalam undang-undang no 7, saksi dari peserta pemilu paslon Presiden, DPD, Parpol dilatih bawaslu, kemaren kami sudah kordinasi, pelatihan dilakukan bawaslu kabupaten/kota, dimulai 7 sampai 10 April 2019, disilahkan meghadirkan saksi, dari 16 parpol tidak semua sampaikan saksi mereka, kami tetap lakukan pelatihan seberapapun apa saja, atau berapa saja banyaknya, ada yang 2 ada yang 1000 lebih, ini amanah bagi kami,” tutur Iwan Setiawan.

Iwan Setiawan, Ketua bawaslu Kalsel

Sesuai aturan, peserta pemilu diperkenankan menyiapkan saksi untuk mengawal perolehan suara mereka disetiap TPS, di kota Banjarmasin misalnya dari 15 parpol peserta pemilu hanya 6 partai yang menyerahkan data saksinya, dan akan diberikan pelatihan regulasi pemungutan suara oleh bawaslu setempat, untuk pencoblosan pemilu serentak 17 April 2019.

 

Reporter : Fadli Rizki – Elsa Pratiwi


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *