Ribuan Nelayan Kaltim Terdampak Pandemi Covid-19

 

DUTA TV – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kalimantan Timur memperkirakan 3.852 nelayan di wilayah setempat terdampak pandemi Covid-19.

Kepala DKP Kaltim Riza Indra Riadi menyebutkan di Kaltim terdapat nelayan 43.892 jiwa dan pembudidaya perikanan 40.452 jiwa yang tersebar di kabupaten dan kota.

Diterangkannya, pihaknya diminta mendata 2 ribuan lebih para nelayan untuk bantuan langsung tunai (BLT) dari program pemerintah pusat melalui kementerian bersumber APBN.

Lihat Juga :  Tanah Laut Akan Terapkan Aplikasi Terpadu Bagi Nelayan

“Kami ambil saja angka terkecil untuk nelayan. Mungkin ada sekitar 3.852 jiwa yang harus dimasukkan data terdampak Covid-19,” kata Riza Indra Riadi saat video conference Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi IV DPRD Provinsi Kaltim, Senin (13/4).

Sedangkan pembudidaya, tidak masuk dalam terdampak pandemi Covid-19 karena dianggap bisa bekerja di sektor lain. Sebab, para pembudidaya masih bisa melakukan kegiatan-kegiatan usaha lainnya guna menambah pendapatannya selain budidaya ikan.

Lihat Juga :  Tanah Laut Akan Terapkan Aplikasi Terpadu Bagi Nelayan

“Namun demikian, data keseluruhan atau konkritnya sudah dihimpun dan disinkronkan oleh BPKAD. Terutama pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan, khususnya nelayan,”ungkap Riza lebih lanjut. (ern/rep)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *