Advertorial Sosial Technology

Poliban Modifikasi Listrik Tenaga Surya dan Angin Untuk Alirkan Air Bersih di Batakan

DUTA TANAH LAUT Mengantisipasi bencana kekeringan, Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) mengembangkan teknologi energi matahari dan angin untuk mengalirkan air bersih bagi warga.

Kali ini, Poliban menerapkan program dari Kemenristekdikti guna membantu warga di RT 16, dusun dua desa Batakan, kecamatan Panyipatan, kabupaten Tanah Laut yang notabene masih kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Teknologi energi terbarukan hybrid surya dan kincir angina, yang dipasang menggunakan tiang besi setinggi 9 meter disalurkan ke pembangkit listrik untuk proses elektrifikasi.

Dari hasil karya modifikasi listrik tenaga surya dan angin ini mampu menghasilkan energi listrik berkapasitas daya 2500 watt.

Kemudian energi listrik yang dihasilkan secara otomatis akan menggerakkan pompa, untuk mengalirkan air dari dalam sumur warga yang disalurkan melalui pipa, untuk keperluan air wudhu di mushola.

“Menggunakan Teknologi energi hybrid tenaga surya dan angin, Poliban membantu warga desa batakan untuk mengalirkan air bagi warga,” terang Jazuli Fadli salah satu tim peneliti dari Poliban.

Terimakasih kepada Politeknik Banjarmasin yang mau membantu warga batakan, air bersih di sini sebelumnya masih susah karena belum ada saluran PDAM,” ucap Rupono Sekdes Batakan yang merasa terbantu dengan adanya teknologi ini.

Kehadiran modifikasi listrik energy hybrid tenaga matahari dan angin yang diterapkan untuk mengalirkan air bersih dirasakan sangat membantu, bagi warga desa Batakan. Penerapannya pun dirasa cukup tepat, lantaran  wilayah desa Batakan merupakan daerah pesisir dengan potensi angin yang cukup kencang dan pancaran sinar matahari yang cukup.

Reporter : Suhardadi – Revan


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *