Pengembangan Ikan Kering Bulu Ayam, Oleh – Oleh Khas Desa Rampa Kotabaru

DUTA TV KOTABARU – Ikan  kering bulu ayam akan dikembangkan menjadi oleh – oleh  khas desa Rampa Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru. Selain mendukung program pemerintah untuk mengembangkan industri kecil, hal ini juga terkait rencana dijadikannya desa Rampa sebagai desa Wisata.

Pengolahan ikan menjadi usaha yang digeluti istri-istri nelayan untuk membantu ekonomi keluarga.

Dengan demikian, ikan hasil tangkapan suami mereka lebih baik nilai jualnya.

Nama ikan ini terdengar cukup unik. Namun jika diperhatikan, ekornya yang memanjang memang mirip bulu ayam.

Ikan bulu ayam hanya ada pada musim-musim tertentu. Ikan kering bulu ayam sangat digemari tidak hanya untuk lauk makan tapi juga sebagai cemilan.

Dulu saat belum banyak yang memproduksi, harganya mencapai Rp 100 ribu perkilogram. Kini ikan kering bulu ayam dijual antara Rp 50 ribu – Rp 80 ribu perkilogram.

“Bagus harganya karena termasuk langka barangnya. Bermusim, beberapa bulan baru ada. Kalau eceran  80 ribu, kalau untuk dijual 50 ribu harganya,”jelas Raini, pembuat ikan bulu ayam kering.

Ikan kering bulu ayam produksi kelompok usaha bersama ibu-ibu desa Rampa kini sedang dikembangkan untuk menjadi oleh-oleh khas desa tersebut.

Ikan kering bulu ayam akan dikemas agar lebih menarik serta dibuatkan ijin usaha untuk memperluas pemasarannya.

“Ini hasil karya desa Rampa khususnya untuk wisatawan yang berkunjung di Kotabaru sebgai kampung warna warni nantinya. Kita kemas dna urus perijinannya dalam rangka hasil produk tidak hanya dijual di masyarakat tapi bisa masuk mini market,”ujar pembina kelompok, Syaiful Bahri.

Kepedulian pemerintah daerah maupun dunia usaha sangat diharapkan untuk membantu pembinaan usaha masyarakat ini. Mengingat nantinya produk yang mereka hasilkan bisa masuk pasar modern serta dikenal di luar daerah.

 

Reporter : Nazat Fitriah

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.