Pemko Imbau Penyelenggara Kurban Batasi Penggunaan Kantong Plastik

Banjarmasin, DUTA TV — Mendekati hari raya idul adha, pemerintah kota Banjarmasin, mengimbau panitia pelaksanaan ibadah kurban mengurangi penggunaan kantong plastik, saat membungkus daging hewan kurban.

Imbauan ini memang sudah dilakukan pemerintah kota sejak beberapa tahun lalu, seiring dengan program Pemko Banjarmasin yang mengurangi penggunaan kantong plastik, di ritel modern.

Lihat Juga :  KSOP Kelas 1 Banjarmasin Potong 25 Ekor Sapi Kurban

Pihak panitia diminta mengganti dengan bakul atau kantong yang ramah lingkungan.

Beberapa mesjid yang melaksanakan ibadah kurban, sudah melakukan kebijakan atau imbauan tersebut sejak beberapa tahun yang lalu.

Meski tidak signifikan mengurangi sampan plastic. Namun, jumlah kantong plastik yang membungkus hewan kurban cukup banyak.

“Kita Pemko Banjarmasin, mengeluarkan surat edaran untuk panitia ibadah kurban di mesjid langgar maupun tempat perumahan, yang ada di Banjarmasin, mengurangi penggunaan kantong plastik, kita tahu dalam pelaksanaan menggunakan secara masih kantong plastik. Bisa menyiapkan pengganti bakul atau besek atau penerima membawa sendiri,” kata Marzuki Kabid Kebersihaan dan Pengelolaan Sampah DLH Kota Banjarmasin.

Lihat Juga :  Jokowi Berikan Seekor Sapi Limosin ke Masjid Sabilal Muhtadin

Pemko juga berharap ada perusahaan yang bisa memberikan bantuan melalui CSR mereka, untuk menyediakan kantong plastik ramah lingkungan atau bakul, untuk penyelenggara ibadah kurban.

Reporter : Zein Pahlevi

Asiah


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *