Pemko Banjarmasin Salurkan Bantuan ke Petani dan Nelayan

Banjarmasin, DUTA TV Ratusan petani dan juga pengusaha di bidang perikanan di Banjarmasin, terlihat mengantre di Bank Kalsel, untuk menerima bantuan, Sabtu siang kemarin (26/11/2022). Kegiatan tersebut salah satu upaya untuk menekan inflasi, dan bantuan akibat BBM naik.

Totalnya ada sekitar 600 lebih yang menerima bantuan sebesar Rp300.000,-, untuk tiga bulan, dari bulan Oktober hingga Desember 2022 .

Penyaluran tersebut dari Dinas Sosial, ke Dinas DKP III dan pendistribusian lewat Bank Kalsel. Mereka yang menerima bantuan juga sebelumnya sudah terdata, di dinas terkait.

Sebelumnya penyaluran juga dilakukan untuk ojek online dan juga ojek konvensional, oleh dinas terkait melalui Bank Kalsel. Adanya program ini sesuai dengan perintah presiden, bahwa setiap daerah menyisihkan dua persen dari dana alokasi umum APBD, untuk disalurkan ke tiga sektor, yakni transportasi, pertanian, perikanan dan UMKM.

“Hari ini ada program pemerintah sesuai arahan presiden, pemda menyiapkan dua persen dari dua APBD untuk mensubsidi tiga sektor, transportasi, pertanian, perikanan dan UMKM, untuk mendorong dan membantu masyarakat untuk mengatasi harga yang lagi naik dan menyebabkan inflasi. Kita anggarkan Rp7,2 M,” kata Dolly Syahbana, Kadinsos Kota Banjarmasin

“Saya usaha budi daya ikan, buat beli bibit katanya Rp300.000,-. biar bisa lebih ini lagi untuk perekonomian. Mudahan berikutnya ada lagi biar bisa meningkatkan lagi,” kata Sabri, salah seorang penerima manfaat.

Totalnya Pemko menyalurkan bantuan 7,2 miliar rupiah untuk 15.000 warga yang sudah terdata di DTKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Reporter : Zein Pahlevi

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *