seni

Narwanto Sulap Arang Putih Jadi Benda Bernilai Seni

Duta TV Banjarbaru, Arang identik dengan sebagai bahan untuk pembakaran. Namun bagaimana jika arang dimanfaatkan menjadi barang bernilai seni,  bahkan dapat dijadikan alat musik ?

Kayu arang putih ini merupakan buah karya dari Narwanto, yang mencari dan mengolah arang putih ini menjadi benda seni setelah melalui proses pembakaran. Arang putih ini dipajang oleh Narwanto di galeri pribadinya di Rumah Pengarang  yang juga menjadi tempat tinggalnya.

Bahkan oleh dirinya, beberapa kayu arang putih dapat digunakan sebagai alat musik. Karena jika dipukul – pukul, kayu arang putih mengeluarkan atau menghasilkan suara yang unik. Selain itu, arang putih juga memberikan manfaat lain, yaitu dapat menyerap kelembaban di ruangan.

 

Narwanto sedang memainkan arang putih sebagai alat musik pukul

 

Pria kelahiran Bojonegoro Jawa Timur 37 tahun lalu ini menuturkan, dirinya mulai merintis kesenian kayu arang putih ini sejak 2 tahun terakhir. “Jenis kayu yang diolah menjadi arang putih sendiri didatangkan khusus dari Kalimantan Tengah seperti kayu palawan, kiarau, semeang, kemisi, rasak, amimunut, dan witulak,” ungkap Narwanto.

Nah jika anda penasaran dengan kayu arang putih yang diolah oleh Narwanto, Anda bisa mengunjunginya di Pumah Pengarang Jalan Sidomulyo Raya Kelurahan Landasan Ulin Timur Banjarbaru.

Reporter: Fikri Izzudin Noor


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *