Lingkungan Sangat Mempengaruhi Karakter Kita

Kita tentu sudah pernah mendengar dari orang – orang kalau lingkungan tempat seseorang itu berada, akan berdampak kepada pembentukan karakter dari yang bersangkutan. Ada orang yang karakternya keras, lemah lembut, pemarah, pemaaf, dermawan, pelit, individualis, sosialis, dan lain sebagainya. Hal itu tentu tidak lepas dari lingkungan tempat tinggal orang itu sendiri.

Sekarang yang menjadi pertanyaan “mengapa lingkungan begitu berpengaruh terhadap karakter dari setiap orang?”
Jawabannya tentu saja karena kebiasaan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yang berlangsung begitu saja tanpa disadari bahwa itu akan mempengaruhi kehidupan kita ke depannya. Sehingga juga akan berpengaruh terhadap karakter yang ada dalam diri setiap orang.

Lingkungan akan sangat berpengaruh baik terhadap karakter seseorang bila memang lingkungannya mempunyai faktor-faktor tersebut,namun bila keadaan lingkungan tersebut tidak baik atau negatif, hal ini akan mengakibatkan terciptanya suatu karakter yang tidak baik pula pada diri kita.

Karena itulah lingkungan begitu berpengaruh terhadap karakter dari setiap orang, karakter yang sudah terbentuk dari kecil atau anak-anak akan cukup sulit untuk mengubahnya karena sudah mendarah daging sehingga diperlukan waktu dan kerja keras untuk mengubahnya.

Sebagai contoh dulu sewaktu sekolah saya memiliki seorang teman yang ketika dilingkungan sekolah (berdasarkan penilaian saya) dia boleh dibilang salah satu jagoannya kelas, suka berantem dan bikin masalah. Tapi ketika saya berkunjung kerumahnya perilaku yang ia tunjukkan justru berbanding terbalik dengan yang ia tunjukkan di sekolah.

Kemudian contoh lain adalah ketika saya bertemu dengan teman yang sudah lama tidak pernah bertemu, saya pun terkejut ketika melihat perubahan dalam dirinya terlebih karakter yang dimilikinya yang jauh berbeda dengan karakter yang saya kenal dulu.

Dari contoh ini dapat saya simpulkan bahwa lingkungan keluarga memang sangat mempengaruhi karakter seseorang, namun jika lingkungan luar lebih mendominasi (sekolah atau lingkungan kerja misalnya), maka kemungkinan untuk terpengaruh dengan lingkungan luar tersebut dapat mengubah karakter orang yang bersangkutan.

Pernah dengarkan istilah orang-orang tua dulu. Kalau mau wangi yang temenan sama orang yang jual minyak wangi… tapi kalo mau tau gimana rasanya arak yang memabukkan ya bertemanlah dengan pemabuk.

Jadi, lihat-lihatlah dengan siapa kita bergaul, bagaimana lingkungan disekitar kita, sebab hal itu sangatlah berpengaruh terhadap karakter dalam diri.

Penulis : Yusman Asriadi
Ig : @yoezman_azriadie

#UPDATE CORONA KALSEL

Slider

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *