KSOP Serahkan Hasil Pemeriksaan Tabrakan KM Mila ke Dirjen Perhubangan Laut

Banjarmasin, DUTA TV Pemeriksaan awal terkait musibah tabrakan antara kapal KM Mila dengan tongkang TB Herlina, terjadi di muara Sungai Barito atau daerah Tabonio beberapa waktu lalu, telah diselesaikan oleh pihak kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banjarmasin.

Setelah menghimpun data dan keterangan para pihak terkait dan saksi, dalam musibah tersebut, pihak KSOP langsung melaporkan berkas pemeriksaan pendahuluan ke pihak direktorat jenderal perhubungan laut, yang ditembuskan ke direktorat KPLP serta mahkamah pelayaran, untuk diproses lebih lanjut.

Dari hasil keterangan yang didapat, kecelakaan diduga terjadi lantaran adanya miss komunikasi antar nahkoda. Terlebih keadaan air yang saat itu sedang surut dan kondisi lalu lintas kapal sedang padat hingga tabrakan tidak bisa di hindari.

“Jadi untuk kasus tubrukan antara KM Mila dengan TB Herlina sudah kita lakukan pemeriksaan pendahuluan dan berita acaranya sudah kita buatkan dan kita serahkan ke pihak Jenderal Perhubungan Laut Cq Direktorat KPLP dan Mahkamah Pelayaran untuk ditindak lanjuti lebih lanjut dan untuk sanksi dan yang berslah akan ditentukan disana,” ujar Ison Hendrasto, Kabid Keselamatan Berlayar, Penjagaan, Patroli & Penyidikan.

Sementara itu, dalam kasus ini penentu untuk hasil dan sanksi yang diberikan, akan ditentukan oleh pihak pihak direktorat dan mahkamah pelayaran.

Reporter : Ade Yanuar

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *