Kemenag Sampaikan Mekanisme Haji Untuk Tahun 2021

Banjarmasin, DUTA TVKantor kemenag kota Banjarmasin mensosialisasikan, mekanisme keberangkatan haji untuk 2021 ke sejumlah jemaah calon haji asal Banjarmasin, di salah satu hotel di Banjarmasin, Jumat pagi (20/11/2020).

Kegiatan ini, agar jemaah tidak menerima sejumlah berita atau informasi bohong, dari berbagai sumber termasuk dari media sosial.

Diketahui, ibadah haji tahun 2020 ini harus ditunda karena adanya pandemi COVID-19 yang melanda hampir diseluruh negara, termasuk Arab Saudi.

“Ada tiga skenario pertama jika COVID-19 sirna atau vaksinasinya telah didapatkan kondisinya aman, akan diperkenankan kuota yang ada. Kedua apabila COVID masih ada, akan dilakukan pembatasan oleh pemerintah Arab Saudi, dengan sistem persentasi, kita belum tahu. Ketiga bila COVID masih melanda kemungkinan ditunda lagi,” kata Noor fahmi, kakanwil Kemenag Kalsel.

“Yang disampaikan berkenaan dengan kebijakan-kebijakan, penyelenggaraan ibadah haji khususnya dimasa pandemi, materi yang disampaikan dari kakanwil Kalsel tentang kebijakan pelayanan, dan penyelengara haji pada masa dan pasca COVID-19. Kedua, gerakan pembinaan haji, disampaikan kepala kantor kemenag, yang ketiga hak dan kewajiban jemaah,” ucap Burhan Noor, Kasi PHU Kemenag kota Banjarmasin.

Kegiatan itu dilaksanakan selama lima hari, dan masing-masing kecamatan mewakili 20 jemaah yang rencananya akan berangkat pada 2021 mendatang. Sementara untuk total jemaah haji untuk kota Banjarmasin berjumlah 580 lebih jemaah.

Reporter : Zein Pahlevi

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *