Inspirasi

INSPIRASI DARI KOTA SHENZHEN BAGIAN 1 : “TAMAN BUNGA DAN RUANG TERBUKA HIJAU”

DUTATV-SHENZHEN. Sahabat ! Seri Inspirasi kali ini saya akan tulis dari hasil sebuah Perjalanan wisata yang  dikordinir oleh Mars Creative ke beberapa kota yang ada di Republik Rakyat China, yaitu Shenzhen, Hongkong, Macau dan Jhuhai. Mars Creative sendiri adalah sebuah  komunitas perjalanan wisata yang kami tergabung di dalamnya  dan sudah  beberapa kali kami mengadakan perjalanan di dalam negeri dan di luar negeri, di komunitas ini kami sudah seperti keluarga besar yang berasal dari beberapa daerah, seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan JABOTABEK. Senda gurau sepanjang perjalanan, berfoto dan berselfi ria, upload ke medsos adalah pernak-pernik perjalanan yang menyenangkan di komunitas ini, sehingga sayapun mengajak sahabat semua untuk bisa bergabung dalam perjalanan berikutnya.

Sahabat secangkir kopi seribu inspirasi, kali ini ijinkan saya menceritakan inspirasi yang muncul yang saat ini sedang menikmati keindahan kota Shenzhen, sebuah kota yang terletak di bagian Tenggara Republik Rakyat China, kota yang begitu cepat perkembangannya. Di era tahun 80 an kota ini tak lebih dari daerah yang ber-rawa yang dihuni sebagian besar para nelayan, namun sejak ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), dalam kurun waktu 30-an tahun Shenzhen berubah wujud menjadi kota Industri dan kota internasional terkemuka di China dan Dunia, suatu kemajuan yang luar biasa dan sayapun membandingkan kemegahan kota ini dengan gedung- gedung bertingkatnya sepadan dengan kota Dubai di Uni Emirat Arab. Kota Shenzhen berpenduduk kurang lebih  13 juta jiwa, 9 juta orang adalah pendatang dari dataran China lainnya dan dari negara negara lain, sedangkan penduduk aslinya hanya kurang lebih 4 jutaan jiwa.

Sahabat! secara sekilas saja saya menggambarkan Kota Senzhen ini, karena saat jalan-jalan disekitar kota ini, saya dibawa oleh pemandu wisata pada titik-titik berfoto, dan yang sangat menginspirasi adalah sudut-sudut menarik untuk berfoto tersebut berada dalam kota yang tidak lain adalah ruang terbuka hijau, bedanya dengan ruang terbuka hijau umumnya adalah penghijauannya banyak ditanami oleh tanaman berbunga, maka ruang terbuka hijau ini berubah wujud menjadi taman bunga. Bisa anda bayangkan sendiri bagaimana rindangnya pohon-pohon yang berbunga dengan tanaman bunga bunga dibawahnya, suatu pemandangan yang warna warni dan sekaligus membawa kepada suasana yang gembira. Diantara jenis jenis tanaman berbunga tersebut juga ada yang tumbuh di daerah kita, yaitu kembang kertas atau bougenvil.

Sahabat ! Dari sini imajinasi saya langsung membayangkan Banua dan Daerah-Daerah kita yang sesungguhnya juga bisa meniru konsep penghijauan dengan bunga bunga ini ataupun menggunakan konsep lain dengan pohon-pohon yang daunnya warna warni, oleh karena itu diperlukan ahli-ahli taman kota untuk merancangnya, sehingga ruang terbuka hijau bukanlah semata-mata penghijauan akan tetapi juga sekaligus berfungsi sebagai keindahan.  Dalam hal ini pola-pola dan desain taman penghijauan dengan bunga ini perlu direncanakan secara matang agar tanaman penghijauan dan bunga bunganya akan membentuk suatu “mozaik” yang bertebaran di kota-kota kota kita, sehingga kota menjadi magnet untuk berfoto ria bagi pendatang dan generasi milenial sekarang ini.

Sahabat! Menariknya lagi di taman-taman yang menjadi ruang terbuka hijau tersebut, tidak terlihat adanya tangan-tangan jahil yang mengganggunya, karena tingkat kesadaran masyarakat yang tinggi untuk ikut menjaga dan memeliharanya, sayapun jadi tersenyum saat merenungkannya akan kondisi tersebut, karena barangkali tingkat kesadaran kita belum sedisiplin masyarakat disana untuk menjaga kebersihan dan rasa memiliki taman-taman tersebut, akan tetapi saya punya keyakinan kita dapat mewujudkannya. Tantangan bagi kita untuk terus memunculkan kesadaran menjaga kebersihan dan merawat taman serta visi kepala daerah yang juga mempunyai sisi sisi keindahan bunga di dalam kota yang dipimpinnya. Sektor parawisata harus dimulai dengan nyamannya suasana kota berwarna warni dan kesadaran kita untuk menjaga kebersihan serta memelihara taman-taman kota kita.

Sahabat! Sederhana saja, kita bisa mulai dengan halaman rumah kita sendiri untuk menanam pohon dan bunga bunga tersebut, dan untuk ini saya memperhatikan sudah banyak masyarakat kita melakukannya,  tinggal kita perluas lagi ke lingkungan kita. Untuk itu  tentunya diperlukan juga pemimpin-pemimpin daerah  yang punya visi untuk menjadikan ruang atau taman terbuka hijau untuk menanam dan menatanya dengan terencana sehingga sebuah kota memiliki “land mark” kota hijau penuh bunga warna warni yang menjadi magnet bagi warga dan wisatawan untuk datang dan berfoto ria..

Salam secangkir kopi seribu inspirasi.


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *