Ekonomi Inspirasi

HARAPAN DALAM MENYONGSONG “JEMBATAN BARU ALALAK”

BANJARMASIN-DUTATV. Sahabat Secangkir Kopi Seribu Inspirasi

Sahabat ! Ada kabar yang menggembirakan bagi kita warga Kalimantan Selatan umumnya dan Warga Kawasan Handil Bakti di Kabupaten Barito Kuala, karena proses pembuatan jembatan Alalak sudah dimulai prosesnya dan apabila dilihat dari desainnya jembatan ini akan menjadi Jembatan Kebanggaan bagi Banua kita.  Hal ini menjadi perhatian juga dari Staf Khusus Gubernur (Noor Aidi, Syaifudin, Apriansyah, Taufik Arbain, Rizal Akbar, Samanhudin Muharam, Agus Mawardi) mendiskusikannya pada pertemuan hari Selasa Tanggal 29 Januari 2019 ini.

Sahabat ! Pertanyaan mendasar adalah “apakah jembatan ini hanya sekedar sarana penyeberangan lalu lintas ?” dari pertanyaan ini muncul gagasan-gagasan inspiratif dari staf khusus Gubernur sebagai bahan untuk menyiapkan diri dari sekarang terhadap Kabupaten dan Kota yang terkena dampak langsung dari pembangunan jembatan tersebut.

Sahabat ! Jembatan mempunyai dampak terhadap pengembangan wilayah yang terintegrasi antara pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota, Khusus bagi Batola yang terkena dampak mamfaat paling besar terhadap pembuatan jembatan tersebut, oleh karena itu harus disiapkan dari sekarang penataan kawasan handil bakti menjadi kawasan ekonomi dan bisnis serta parawisata bagi kabupaten Batola, sebagai penopang kawasan pertanian yang sekarang menjadi unggulan wilayah batola umumnya. Tegasnya sudah saatnya disiapkan kawasan Handil Bakti sudah harus dirubah menjadi kawasan ekonomi, bisnis dan parawisata untuk menopang sentra kawasan pertanian yang terdapat diwilayah lainnya. Ikon baru Handil Bakti mesti sudah ditata dan dimunculkan oleh Batola dalam menyongsong Jembatan Baru itu nantinya, yang secara pararel sudah saatnya di tata para pedagang kaki lima, penataan pemukiman, dan pengendalian pembuatan jembatan-jembatan kecil disepanjang jalan handil bakti tersebut agar tidak mematikan sungai. Kawasan sungai sungai di Handil Bakti ini nantinya menjadi pelengkap keindahan sepanjang jalan di kawasan tersebut setelah turun dari Jembatan Baru itu nantinya.  Dengan konsep inilah nantinya kawasan Handil Bakti berubah wujud menjadi Kota Bisnis dan Parawisata serta pemukiman yang sekaligus menjadi Satelit Baru Kota Banjarmasin yang indah dan mempunyai daya saing yang sekaligus berfungsi sebagai sentra pemasaran hasil pertanian yang dihasilkan oleh Kabupaten Batola.

Sahabat ! Bagi kota Banjarmasin, keberadaan kawasan bisnis dan ekonomi serta pemukiman di Kawasan Handil Bakti tersebut, akan mengurangi beban kota Banjarmasin yang sudah sangat padat, termasuk beban sosialnya, maka dengan keberadaan kawasan ekonomi, bisnis dan wisata Handil Bakti ini menjadi penyangga kota yang nanti secara terintegrasi akan menciptakan kawasan yang saling menguntungkan antara Batola dan Banjarmasin dalam lingkup konsep  Kota Metropolitan “Banjar Bakula” yang terintegratif. Disamping itu kawasan yang tanah dan rumah dibebaskan di kawasan Banjarmasin sekitar area pembangunan jembatan tersebut, tidak sekedar diberikan ganti rugi, akan tetapi juga dibina model dan penataan bangunan berikutnya, agar bangunan yang dibangun disekitar jembatan tersebut menjadi indah serasi dengan bangunan lingkungan sekitarnya.

Sahabat ! Jembatan Baru Alalak yang desainnya sangat indah tersebut dua tahun ke depan Insyaallah akan selesai, sehingga dari sekarang gagasan-gagasan inspiratif di atas sudah saatnya diperhatikan oleh Kabupaten Batola dan Banjarmasin, karena Paman Birin menginginkan Jembatan tersebut tidak sekedar tempat penyeberangan tetapi utamanya menjadi pemicu munculnya kawasan baru dalam rangka mensejahterakan masyarakat. Kita sangat mengapresiasi pembangunan jembatan di era gencarnya Pembangunan Infrastruktur pemerintahan Jokowi dan Yusuf Kalla sekarang ini.

Salam Secangkir Kopi Seribu Inspirasi



Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *