Dua Korporasi Penyebab Kabut Asap di Police Line

DUTA TV BANJAR – Tim satgas terpadu penegakan hukum kebakaran hutan dan lahan direktorat khusus Polda Kalsel  Rabu siang (25/09/2019), turun langsung mendatangi lokasi ribuan hektar lahan yang diduga dibakar oleh pihak korporasi di kawasan sungai batang kabupaten Banjar.

Sebanyak 1.192 hektar lahan milik PT. Monrad Intan Barakat diduga sengaja dibakar sehingga mengakibatkan kabut asap pekat beberapa waktu lalu.

Guna proses penyidikan, polisi bersama tim ahli kerusakan lingkungan serta ahli kebakaran hutan dan lahan dari Institute Pertanian Bogor mengambil 5 sample, diantaranya tanah atas, tanah bawah, abu, arang dan dahan sawit.

Sejumlah sample ini sendiri, akan dibawa ke laboratorium Bogor guna memastikan penyebab dan asal api.

“Kita akan bawa sample selama 3 minggu, nanti akan ada hasilnya”. Ucap Prof. Bambang Hero Ahli dari Kebakaran Hutan dan Lahan IPB.

Sementara itu, direktur direktorat kriminal khusus Polda Kalsel kombes pol Masrur Sik mengatakan, “saat ini kita sedang melakukan tim olah tempat kejadian perkara, dimana kita membuktikan bahwa penegak hukum serius menangani kasus karhutla, kita sudah lakukan penyidikan dan artinya kita sudah siap menetapkan tersangka, setelah uji lab keluar”.

Selain PT. Monrad Intan Barakat, tim satgas juga memberi garis polisi di perusahaan PT. Borneo Indo  Tani.

 

Reporter : Elsa Pratiwi – Suhardadi


Follow Me:


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *