Budaya Inspirasi

BENARKAH SEMUA INDAH PADA SAATNYA ???

BANJARMASIN-DUTATV. Sahabat Secangkir Kopi Seribu Inspirasi, pada beberapa kesempatan saya banyak mendengar dan membaca serta mendengarkan lagu tentang kata-kata “semua indah pada saatnya”, bahkan seorang politikus dan tokoh yang ikut pemilu legislatif dan pemilu kepala daerah juga menjawab diplomatis kalau belum pasti terpilih atau gagal terpilih atau terpilih dengan kata kata “semua indah pada saatnya” atau “indah pada waktunya”.

Sahabat ! saya kemudian merenungkan kata-kata itu, sembari bertanya dalam hati “benarkah semua indah pada saatnya itu ?”, mungkin kata-kata itu seperti melihat dari proses yang bertahap tanaman bunga, dari tumbuh, berkembang dan sampai saatnya berbunga, bahkan saat berbungapun yang ditunggu adalah saat mekarnya bunga itu, sehingga yang disebut indah itu adalah  saat bunganya mekar.  Atau saat kita sekolah bertahun-tahun, maka kelulusan adalah saat yang indah, sehingga saat lulus diwisuda itulah  kita sebut saat yang indah. Atau saat kita bekerja dan berkarir dalam suatu perusahaan atau organisasi dan sampailah kita pada puncak karir sebagai pimpinan atau CEO, maka kita katakan saat itulah menjadi saat yang indah. Dan seterusnya banyak hal yang bisa kita sebutkan untuk menunjukan bahwa saat yang indah punya ukuran tertentu pada waktu tertentu yang kita buat.

 

 

Sahabat ! Saya tidak menampikan hal tersebut, bahwa saat yang indah adalah saat kita berhasil dalam berjuang mencapai sesuatu yang kita cita-citakan, karena semua itu hasil dari perjuangan kita, namun saya kurang setuju kalau yang indah yang dalam bayangan saya adalah saat yang menyenangkan dan membahagiakan itu baru kita rasakan pada saat kita mencapat pada suatu kondisi waktu tertertu itu saja.  Bagi saya saat-saat yang indah adalah setiap saat proses menuju apa yang kita sebut saat indah tersebut yang biasanya berupa kesuksesan atau tercapainya suatu tujuan yang kita inginkan atau cita-citakan.

Sahabat ! bagi saya kondisi indah dan berbahagia yang kita rasakan justeru terletak pada saat menjalani proses untuk mencapai kesuksesan tersebut, hal ini dikarenakan waktu yang paling lama dalam kehidupan kita adalah justeru waktu-waktu yang kita lalui untuk mencapai sesuatu yang kita anggap sesuatu yang saat itulah saat yang indah dan bahagia. Bayangkan begitu banyak waktu terbuang yang kita anggap waktu yang tidak indah atau kurang indah saat kita berjuang mencapai saat yang indah itu.  Oleh karena itulah sesungguhnya bagi kita yang memandang saat yang indah itu adalah saat-saat proses untuk mencapai yang indah itu, sehingga rumusnya adalah “RASA INDAH MELAHIRKAN KESUKSESAN, BUKAN SUKSES DULU BARU TERASA INDAH” atau bisa juga ditulis BAHAGIALAH YANG MELAHIRKAN KESUKSESAN, BUKAN KESUKSESAN YANG MELAHIRKAN KEBAHAGIAAN” . Coba saja cara pandang yang seperti ini, maka  akan menciptakan perubahan yang revolusioner dalam sikap dan dampak kehidupan kita, karena kita akan menjadi orang yang berbahagia setiap moment kehidupan, inilah mungkin yang disebut “nikmatilah setiap moment kehidupan “ atau dalam sebuah buku seorang motivator happiness disebutnya “cherish every moment”.

Sahabat ! Rasa syukur atas segala nikmat kehidupan dan segala yang kita alami dalam setiap tarikan nafas, sebagai anugerah dan kasih sayang Yang Maha Kuasa kekita, akan membawa kita pada kondisi “saat-saat” itu menjadi indah, dan kalupun kita mencapai apa yang kita sebut “saat yang indah” itu, maka itu sesungguhnya adalah bonus dari setiap saat yang kita anggap indah itu. Persis seperti saya membuat dan menyajikan kopi, saat yang indah itu justeru terletak pada proses bagaimana saya ngeblend, menyaring dan menuangkan air setetes demi setes ke dalam saringan kopi sampai tersajinya kopi itu yang siap untuk diminum sahabat.

Salam Secangkir Kopi Seribu Inspirasi


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *