Mantan Anggota Dewan Gagas LBH DSK, Beri Bantuan Hukum Untuk Warga tak Mampu

Banjarmasin, DUTA TV Mantan Anggota DPRD Kalimantan Selatan M. Lutfi Saifuddin, menggagas didirikannya Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Djiwa Sejati Keadilan (DSK) di Banjarmasin. LBH ini lebih banyak diperuntukkan bagi warga tak mampu.

Kehadiran LBH DSK ini sebagai upaya untuk memperjuangkan keadilan bagi masyarakat miskin. Pasalnya Lutfi menilai, masih banyak warga Kota Banjarmasin yang masih mendapatkan diskriminasi ketika berhadapan dengan hukum.

LBH DSK merupakan cabang ke 4 di Indonesia, dimana pusatnya berada di Tangerang Selatan.

Menurut pendiri yayasan MLS ini, kehadiran LBH ini bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai sarana edukasi dan advokasi, termasuk untuk penerapan perda bantuan hukum bagi masyarakat miskin yang kerap ia sosialisasikan saat menjadi wakil rakyat di DPRD Kalimantan Selatan, kendati saat ini ia tak lagi berstatus sebagai anggota dewan.

“Hukum bukan artinya mencari penghidupan tapi  bagaimana kita bisa menberikan kebaikan bantuan kepada  orang lain dan memberikan manfaat terutama mereka yang membutuhkan. Pertolongan ini banyak terjadi di banjarmasin  sebenarnya. Mereka memerlukan bantuan namun tidak  berdaya dari sisi ekonomi. Dan ini mungkin kami berhadir disini dan kami sungguh LBH  yang bisa saya garansi tidak  akan meminta imbalan apapun kepada  masyarakat yang  memerlukan bantuan kami,”kata Lutfi.

“LBH DSK Banjarmasin  yang keempat dan inshaallah bakal jadi lembaga bantuan hukum terdepan untuk  memperjuangkan hak – hak masyarakat yang lemah. Ini dari teman ketemu teman, sempat ketemu di Jakarta sebelumnya. Memang aktif di lembaga advokasi dan kami sempat tergabung di Lembaga Cipayung Plus. Kami senang banjarmasin terhubung dan ketua bilang siap untuk  mengembangkan LBH ini,”ujar Ricky Chandra, SH, Pengurus LBH DSK Pusat.

“Mungkin ini salah satu terobosan baru yang mungkin. Ibaratnya perda itu telah dibuat dan hadirnya kami ada di sini untuk  melakukan edukasi dan sosialisasi sampai advokasi,”ucap Hafizh Arkan Dary, SH, Ketua LBH DSK Banjarmasin.

Peluncuran LBH DSK Banjarmasin ditandai dengan syukuran kecil-kecilan. Bagi masyarakat Kota Banjarmasin yang ingin mendapatkan bantuan hukum, bisa datang kekantor LBH DSK Banjarmasin yang beralamat di Jalan Sultan Adam Komplek Mandiri Lestari Blok B-2 No 23.

 

Reporter : Evi Dwi Herliyanti

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *