490 Meninggal saat Isoman, Jabar Terbanyak

Jakarta, DUTA TV — Kelompok relawan Lapor Covid-19 mencatat ada 490 orang pasien Covid-19 yang meninggal dunia saat menjalani isolasi mandiri. Jawa Barat menjadi provinsi dengan jumlah kematian saat isolasi mandiri terbanyak. Hingga Selasa (13/7), LaporCovid-19 mencatat 197 orang di Jawa Barat meninggal saat isolasi mandiri. Di posisi kedua, ada D.I. Yogyakarta dengan 86 kematian pasien isolasi mandiri.

Lihat Juga :  Saat Minat Tinggi, Vaksin di Banjarmasin Justru Kurang

Jika diperkecil ke skala kabupaten/kota, Kota Bekasi menempati urutan pertama. LaporCovid-19 mendapat laporan 81 orang di Bekasi meninggal saat menjalani isolasi mandiri. Kemudian ada Sleman dengan 46 kematian, Kabupaten Tangerang dengan 40 kematian, Kabupaten Bogor dengan 39 kematian, Tasikmalaya dengan 23 kematian, dan Gresik dengan 21 kematian.

LaporCovid-19 menyusun data tersebut berdasarkan laporan warga, informasi di media sosial, dan berita di media massa. Lembaga itu menegaskan data ini tak mencerminkan data waktu langsung atau real time.

Lihat Juga :  RSUD Jayapura Akan Produksi Oksigen Sendiri

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat mengakui sebagian besar pasien Covid-19 di Jawa Barat menjalani isolasi mandiri. Ia menyebut 70 ribu dari 89 ribu pasien Covid-19 di Jawa Barat menjalani isolasi mandiri. Ridwan Kamil juga menyoroti tingginya angka kematian saat isolasi mandiri.

Ia memerintahkan jajaran di daerah untuk memperketat pengawasan.

“Saya perintahkan saat rapat, wali kota dan bupati melakukan pengecekan melalui RT/RW, Bhabinkamtibmas agar mengecek warga yang isoman itu membaik kondisinya atau memburuk. Jangan sampai baru paham ada warga yang meninggal di rumah,” kata Ridwan Kamil, dalam jumpa pers daring, Senin (12/7).(cnni)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *