2023, Investasi Pertambangan di Kalsel Sumbang Rp 11,7 Triliun

Banjarmasin, Duta TV Sektor investasi pertambangan di Kalimantan Selatan (Kalsel) tercatat masih paling besar dibandingkan investasi lainnya. Data dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu menunjukkan investasi pertambangan mencapai 11,7 triliun rupiah pada tahun 2023 lalu.

Diketahui, realisasi investasi Kalsel tahun 2023 sebesar 19,7 triliun, atau melebihi target nasional sebesar 16,21 triliun rupiah. Total realisasi investasi Kalsel tahun 2023 didapat dari penanaman modal dalam negeri sebesar 14,9 triliun dan penanaman modal asing sebesar 4,8 triliun.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, melalui Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kalsel, Endri, mengatakan bahwa secara nasional PMDN Kalsel berada pada peringkat ke-11, sementara PMA Kalsel masih berada pada peringkat 21. Namun, dengan nilai tersebut, investasi di Kalimantan Selatan terus mengalami peningkatan yang cukup baik dan signifikan.

Untuk tahun 2024, target investasi masih belum ditetapkan, namun diperkirakan target tahun ini akan jauh lebih tinggi, menyusul hasil capaian investasi Kalsel yang terus meningkat setiap tahunnya. Apalagi dengan rencana perpindahan ibu kota Nusantara atau IKN ke Kalimantan, dianggap menjadi salah satu faktor meningkatnya investasi di Kalsel.

Reporter: Mawardi

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *