Olahraga

Yacob Bertekad Kembangkan Rugby Di Banua

DUTA TV BANJARMASIN – Muhammad  Yacob merupakan sosok atlet rugby  asal Kalimantan Selatan yang sukses bergabung dengan Tim Nasional Indonesia di ajang SEA Games 2017 lalu.

Menekuni olahraga rugby sejak duduk di bangku SMA  di Jakarta, lelaki 27 tahun tersebut  mengaku kecintaannya terhadap rugby karena  olahraga  ini mampu membentuk karakter (character building) seseorang saat bertarung di lapangan.

Agar terus berkembang, ia memutuskan untuk bergabung dengan salah satu klub rugby ibu kota yakni Jakarta Banteng hingga mengikuti sejumlah kejuaraan Nasional dan Internasional, seperti Nusantara Champions, Asia Trophy, serta Kejuaraan antar universitas.

“Olahraga rugby sejak sekolah SMA saat di Darunnajah. Ikut kejuaraan antar SMA, terus join ke Jakarta Rugby Club. Awalnya susah, bukan susah cara bermainnya, tapi harus menyesuaikan diri. Rugby itu kaya opera, kalaupun lagi sedih bisa jadi senang, jadi membangun karakter,”ujarnya.

Menjadi cabang olahraga yang belum terlalu dikenal publik Indonesia, membuat ia bertekad mengembangkan cabang ini khususnya di daerah asalnya Kalimantan Selatan.

Ia pun telah memulai langkahnya dengan mensosialisasikan rugby ke kalangan mahasiswa dan sekolah, serta memutuskan menukangi tim ini sendiri dengan berbekal pengalamannya di klub serta tim nasional.

Meski cabang ini belum dipertandingkan di multievent olahraga terbesar di Indonesia yakni PON, namun Yacob tetap semangat membangun tim seiring dengan mulai menjamurnya  Kejuaraan Nasional Rugby.

 

Reporter : Nina Megasari


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *