Wisata Gunung akan Kembali Diizinkan

 

DUTA TV – Pemerintah mempertimbangkan untuk membuka sejumlah destinasi pariwisata yang dinilai berisiko rendah dalam penularan virus corona (Covid-19).

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebut destinasi yang akan dibuka terlebih dulu adalah yang tidak berpotensi menimbulkan kerumunan, seperti wisata alam.

“Daerah yang sudah disiapkan ada banyak, terutama daerah-daerah pegunungan dan juga taman nasional,” kata Doni dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi X DPR RI secara virtual, Rabu (17/6).

Lihat Juga :  Wisata Sungai Batu Kalteng Perketat Prokes Jelang Nataru

Doni tak menyebut kapan waktu pembukaan pariwisata berisiko rendah. Namun ia menegaskan pembukaan harus dilakukan secara hati-hati dan atas izin pemerintah daerah.

Ia menegaskan para pengelola destinasi wisata harus mengantongi izin dari pemda. Selain itu, Gugus Tugas berharap pemda bisa menyediakan tes PCR di pelabuhan dan bandara untuk memastikan wisatawan yang datang tidak sedang mengidap corona.

Lihat Juga :  Menikmati Suasana Alam Susur Sungai Sabuhur

“Kami yakin dengan kehati-hatian akan dapat memberikan kepercayaan kepada banyak orang, baik dari dalam maupun luar negeri. Pada akhirnya nanti memilih tujuan wisata yang selama ini menjadi harapan banyak pihak,” tuturnya.

Sementara itu, Gugus Tugas belum akan membolehkan pariwisata berisiko tinggi untuk buka dalam waktu dekat. Dia tak merinci wisata apa saja yang masuk dalam kategori ini.

Lihat Juga :  Menikmati Suasana Alam Susur Sungai Sabuhur

Namun Doni mencontohkan dua destinasi wisata yang masih belum diperbolehkan beroperasi seperti di Bali dan Bintan (Kepulauan Riau).

“Semuanya tentu melalui sebuah proses yang perlu kehati-hatian,” tuturnya.(ern/cnn)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *