Warga Binaan Asimilasi Rutan Pelaihari Panen Sayuran

Pelaihari, DUTA TV — Sejumlah warga binaan ini terlihat sedang memanen sayuran kangkung di halaman belakang rutan Pelaihari.

Satu persatu sayuran jenis kangkung dan sawi yang merupakan hasil tanaman warga binaan ini, mereka panen untuk selanjutnya dijual kepada para pengepul sayur di wilayah Pelaihari.

Sebelum dijual, terlebih dahulu sayuran di ikat dan cuci sesuai pesanan. Selain menanam kangkong, warga binaan asimilasi rutan pelaihari juga menanam sayuran sawi, terong pipit, bayam, markisa sayur dan cabe.

Tak hanya sekedar menghabiskan waktu di balik jeruji besi rumah tahanan, sekelompok warga binaan rutan klas dua b Pelaihari memang menjadi target program pembinaan kemandirian di bidang perkebunan mengolah lahan kosong menjadi produktif.

Menurut salah satu warga binaan, Rahmadi Arsyad jika dirinya terbebas dari masa hukuman, pengalaman menanam sayuran akan digunakannya untuk mengembangkan usaha budidaya sayuran.

 “Menanam sawi kangkung bayam sambil belajar pengalaman mudahan jika saya bebas bisa mengembangkan usaha menanam sayuran”, Katanya.

Sedangkaan Kepala Rutan Pelaihari Budi Suharto menjelaskan, kegaitan ini merupakan prigram pembinaan kemandirian.

“kegiatan ini merupakan program pembinaan kemandirian di bidang perkebunan dia beharap hasil dari berkebun ini menjadikan pengalaman bagi warga binaan yang menjalani proses asimilasi”, Ungkapmya

Panen sayuran dari budidaya warga binaan asimilasi rutan pelaihari kemudian dijual kepada pengepul, dan hasil uangnya digunakan untuk dana kas dan premi bagi warga binaan rutan Pelaihari.

Tidak hanya bidang pertanian, program pembinaan di rutan pelaihari meliputi pelatihan keterampilan kerajinan tangan, seperti pembuatan sofa maupun menjahit.

Reporter : Suhardadi

Rahmatillah


Editor & Uploader

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *