Utang Proyek Rp79 M, Pemkab Kotabaru Janji Bayar 2021

DUTA TV KOTABARU – Hal itu terungkap dalam rapat dengar pendapat yang digelar DPRD Kotabaru, Senin(10/08/2020).

Angka 79,8 Miliar tersebut merupakan akumulasi dari tahun 2012, adanya pembayaran proyek yang terutang disebabkan persoalan administrasi hingga ketersediaan anggaran.

Proyek-proyek yang terutang itu telah diinventarisir pada 2019 lalu dan sedianya akan dianggarkan pembayarannya di APBD perubahan 2020.

Namun, rencana itu terpaksa ditunda ke tahun depan akibat adanya Refocusing Anggaran terkait pandemi Covid-19.

“Kami berharap di 2020 di luar dugaan kita adanya Covid-19, sehingga 79,8 M itu tidak mampu kita anggarkan, tapi kami punya komitmen merealisasikan nya di 2021,” kata Murdianto Asisten III Setda Kotabaru.

Terkait persoalan utang proyek yang terjadi setiap tahun, legislatif meminta agar pemerintah daerah membenahi pengelolaan keuangan.

Dewan menilai asumsi pendapatan yang terlalu tinggi menjadi biang penyebab utang.

“Kita berkaca dari APBD sebelumnya selalu terjadi utang di akhir tahun nanti dalam pembahasan APBD 2021 kita fokus dulu pada asumsi pendapatan, kita ingin yang riel bukan yang terlalu tinggi karena begitu realisasi tidak seperti yang diasumsikan terjadilah utang,” ucap  Syairi Mukhlis Ketua DPRD Kotabaru.

Syairi Mukhlis Ketua DPRD Kotabaru.

Syairi Mukhlis Ketua DPRD Kotabaru.

Di sisi lain DPRD Kotabaru akan mendorong eksekutif untuk segera menyelesaikan pembayaran proyek yang sudah bertahun-tahun tertunggak.

Reporter : Nazat Fitriah

Asiah


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *