Ustadz Maaher Idap TB Usus Sebelum Meninggal di Rutan

Jakarta, DUTA TV — Soni Ernata atau Ustadz Maaher At-Thuwailibi meninggal dunia pada Senin (8/2/2021). Sang istri, Iqlima Ayu, mengungkap Ustadz Maaher sempat berobat karena infeksi TB usus.

Asisten Ustadz Maaher, Djuju Purwanto, sempat menyinggung adanya riwayat luka usus. Ustadz Maaher sempat dirawat di RS Polri karenanya, dan sempat minta pindah untuk dirawat di RS UMMI Bogor.

Ustadz Maaher meninggal di Rutan Bareskrim Polri pada pukul 19.45 WIB. Jenazah disemayamkan dahulu di kediamannya di Pondok Gede Bekasi sebelum dimakamkan di Darul Quran, Tangerang.

Ustadz Maaher sebelumnya ditangkap polisi pada 4 Desember 2020. Dia kemudian menjadi tersangka kasus ujaran kebencian di media sosial.

Lalu apa itu TB Usus?

Mycobacterium tuberculosis penyebab TB atau tuberkulosis umumnya terjadi di sistem pernapasan, khususnya paru-paru. Namun dalam banyak kasus, infeksi menyebar ke organ lain mulai dari otak (meningitis TB), tulang (TB tulang), hingga payudara (mastitis TB).

Infeksi TB di luar paru-paru dikenal sebagai extra pulmonary TB, yang angka kejadiannya sekitar 20 persen dari kasus TB secara umum. Dari angka tersebut, 10 persen di antaranya terjadi di abdominal atau perut yang antara lain mencakup usus.

Ada berbagai cara infeksi TB bisa sampai ke perut, di antaranya:

  • Masuk bersama makanan dan susu yang terkontaminasi
  • Menyebar dari organ lain melalui darah maupun kelenjar getah bening
  • Lewat cairan paru yang masuk ke perut.

Dikutip dari Healthline, gejala TB usus bisa berupa: nyeri perut, nafsu makan berkurang,  berat badan turun, diare atau konstipasi, mual-muntah, terasa ada massa di dalam perut.(dtk)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *