Tarian Kuda Lumping Sambut Kedatangan Cabup Syafruddin H Maming

Tanah Bumbu , Duta TV – Tarian kesenian kuda lumping warga desa Sari Utama Kecamatan Sungai Loban sambut edatangan Kedatangan calon Bupati Tanah Bumbu, Syafruddin H Maming (SHM) untuk melaksanakan kegiatan Kampanye sekaligus silaturahmi.

Penyambutan calon Bupati Syarufddin H Maming diiringi dengan enam pemuda yang melakukan tarian menggunakan jaranan yang di iringi tabuhan gendang dan iringan gamelan.

Satu persatu dari mereka mulai Mendem yang artinya memainkan tarian kuda lumping dengan tarian yang tak wajar bak orang kesurupan.

Diawali tiga penari kesurupan dan lama berselang, satu penonton juga mengalami hal yang sama.

Sesekali pawang terlihat mengoleskan minyak wangi dan memecutkan cambuk ke udara. Hal itu membuat para penari menjadi penurut. Mereka mengikuti perkataan pawang.

Pertujukan itu sontak menjadi tontonan warga yang nantinya akan mendengarkan pidato politik SHM.

“Pertunjukan ini sebagai bukti pelestarian budaya kita yang sudah berdiri sejak 1997 di desa ini,” kata salah seorang sesepuh desa lewat pengeras suara.

Setelah menyaksikan pertunjukan itu, SHM langsung membuka kampanye politiknya di hadapan masyarakat desa Sari Utama Kecamatan Sungai Loban.

Dalam orasi kampanye Calon Bupati Syafruddin H Maming turut memperkenalkan tiga pasang putra putri terbaik Tanah Bumbu yang mengikuti di kontestasi Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Tanah Bumbu

“Inilah namanya kampanye santun, kampanye damai ala pasangan calon nomer urut satu,” kata SHM.

Selanjutnya SHM juga menyampaikan soal komitmen akan melanjutkan program Tri Dharma Pembangunan seperti diera Mardani H Maming saat menjabat sebagai Bupati yang tak lain merupakan adik kandungnya.

IN – Tanah Bumbu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *