Pemerintahan Sosial

Tanggul Embung Tirawan Ditambal 1.600 Karung Pasir

DUTA TV KOTABARU – Sebanyak 1.600 karung pasir dan satu truk kawat bronjong disiapkan untuk menambal tanggul Embung Tirawan yang jebol.

Tanggul darurat akan dibangun setinggi 4 meter dari tinggi tanggul sebelumnya yang mencapai 9 meter. Langkah ini diambil sebagai antisipasi sementara agar Embung bisa segera kembali difungsikan

Pasalnya pelanggan yang dilayani instalasi pengolahan air Gunung Tirawan yang air bakunya dipasok dari Embung Tirawan, jumlahnya terbanyak nomor 2 dengan empat ribu pelanggan.

Sementara untuk perbaikan yang bersifat permanen direncanakan pada 2020. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui balai wilayah sungai Kalimantan dua siap menggelontorkan dana Rp 5 Miliar.

“Hari ini sudah tersedia material untuk penanggulangan darurat dan rencananya dianggaran tahun 2020 untuk perbaikan secara permanen. Perbaikan darurat dengan sistem bronjong dan pemasangan karung pasir dan akan ditutup lapisan tanah setinggi 4 meter,” terang Syahrian Wahyudi kepala bagian Teknik PDAM Kotabaru.

Di sisi lain paska jebolnya Embung Tirawan tim balai wilayah sungai Kalimantan dua sudah melakukan peninjauan.

Disimpulkan penyebab ambruknya tanggul karena faktor alam yakni curah hujan tinggi. Kapasitas air yang membuat tanggul setebal 3 Meter itu akhirnya ambruk, yang diperkirakan mencapai dua setengah kali lipat debit normal.

 

Reporter : Nazat Fitriah

 


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *