Tak Terima Hasil Pleno, Yandi-Agus Walk Out

DUTA TV KOTABARU – Perdebatan panjang terjadi usai 2 bakal pasangan calon perseorangan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru 2020, dinyatakan tak memenuhi syarat jumlah dukungan dalam rapat pleno yang digelar KPU Kotabaru, Senin (20/07/2020).

Salah satu bakal pasangan calon Yandi Kamitono – Agusaputra Wiranto mempertanyakan bukti-bukti terkait dukungan mereka yang tak memenuhi syarat,
kemudian mereka juga mempersoalkan proses verifikasi faktual di salah satu wilayah yang menjadi basis pendukungnya.

Perdebatan akhirnya berujung aksi walk out oleh Yandi dan Agus saat akan dilakukan penandatanganan hasil rapat.

Yandi Kamitono sendiri menolak memberi pernyataan terkait aksinya ini dan berlalu dengan mobilnya.

“No komen,” Kata Yandi Kamitono

Meski hasil rapat pleno mendapat penolakan salah satu bakal pasangan calon, ketua KPU Kotabaru Zainal Abidin menyatakan hal itu tak ada pengaruhnya di lain pihak dirinya menegaskan proses verifikasi faktual telah berjalan sesuai prosedur.

“Proses rekapitulasi sudah berjalan sesuai prosedur dan tidak ada yang dilanggar, masing-masing kecamatan mnyampaikan hasil rekapitulasi dan tidak ada satupun yang disanggah.” Kata Zainal Abidin.

Zainal Abidin Ketua KPU Kotabaru.

Zainal Abidin Ketua KPU Kotabaru.

KPU Kotabaru mempersilakan bakal pasangan calon yang menolak hasil rapat pleno untuk membuat pengaduan ke Bawaslu. Sementara tahapan Pilkada akan tetap berjalan sesuai jadwal.

Reporter : Nazat Fitria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *