Swasta Dipersilakan Bangun Perumahan-Perkantoran di Ibu Kota Baru

Jakarta, DUTA TV — Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa memastikan rencana pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan Timur tetap berlanjut. Dalam pembangunannya, pemerintah membuka peluang sebesar-sebesarnya untuk swasta berinvestasi.

“Mengenai ibu kota negara, kalau ibu kota negara bisa dijadikan pilihan dalam mendorong investasi kenapa tidak,” kata Suharso dalam konferensi pers ‘Perkembangan Ekonomi Indonesia: Optimisme dengan Kerja Cerdas, Lekas, dan Tuntas’ di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (9/2/2021)

Lihat Juga :  1,8 Juta Fasilitas dan Infrastruktur di Kalsel Rusak Akibat Banjir

Suharso mengatakan swasta bisa masuk ke sektor perumahan dan perkantoran di ibu kota baru. Masuknya swasta akan menghemat anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

“Kita bisa memberikan kesempatan kepada swasta untuk ikut masuk, kita kasih pekerjaan yaitu masuk di sarana perumahan dan perkantoran. Dengan begitu pemerintah tidak perlu mengeluarkan anggaran besar yang langsung ratusan triliun,” tuturnya.

Lihat Juga :  Kabar Gembira, Ambil KPR Bisa Tanpa Uang Muka

Sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), pembangunan keseluruhan di ibu kota baru diperkirakan sekitar Rp 500 triliun hingga 2024.

Dengan masuknya swasta ke pembangunan ibu kota baru diharapkan dapat menyerap antara 1,2 sampai 1,3 juta tenaga kerja.(dtk)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *