Status Banjarbaru : Pemulihan Pascabanjir

Banjarbaru, DUTA TV — Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah mengatakan, status darurat banjir yang ditetapkan selama banjir melanda sejumlah kawasan sudah berakhir dan beralih ke masa pemulihan pascabanjir.

“Status darurat banjir sudah dicabut dan sekarang memasuki pemulihan pascabanjir melalui penanganan bidang infrastruktur dan pertanian yang terdampak banjir,” ujarnya, Senin (01/02).

Lihat Juga :  Anggota DPD RI Al Habib Zakaria Bahasyim Salurkan Bantuan Banjir

Ia mengatakan, saat banjir melanda hampir seluruh wilayah kelurahan pada pertengahan Januari 2021 lalu, banyak infrastruktur baik jalan dan jembatan yang rusak akibat tergenang air cukup lama.

Disebutkan, selain infrastruktur, banjir juga merusak kawasan pertanian dan perkebunan yang dikelola masyarakat sehingga mereka kehilangan mata pencaharian sebagai petani maupun sebagai pengelola kebun.

Lihat Juga :  Dewan Desak Bentuk Tim Advokasi Awasi Sungai

“Jadi, pemulihan pascabanjir akan diarahkan untuk membantu mereka yang terdampak banjir sehingga tetap bisa berusaha dan menjalankan mata pencaharian untuk menghidupi keluarganya,” ucap dia.

Pihaknya masih menunggu pendataan yang dilakukan dinas dan instansi terkait sehingga diketahui anggaran yang harus disiapkan untuk penanganan pascabanjir yang telah merusak berbagai fasilitas itu.

Diketahui, banjir yang melanda Kota Banjarbaru pertengahan Januari 2021 lalu membuat hampir 20 kelurahan kebanjiran sehingga ratusan rumah terendam dan ribuan jiwa terpaksa harus mengungsi.

Lihat Juga :  Rifky Usul Pembuatan Bendungan Riam Kiwa

Bahkan, pengungsi yang jumlahnya mencapai belasan ribu bukan hanya berasal dari Kota Banjarbaru tetapi juga daerah tetangga yakni Kabupaten Banjar dan Tanah Laut.(ant)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *