Siapa Penerima Vaksin COVID-19 Gratis Pertama ? Presiden Jokowi

Jakarta, DUTA TV — Presiden Joko Widodo menyatakan vaksin COVID-19 akan diberikan kepada masyarakat secara gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali.

Dalam konferensi pers daring melalui kanal Sekretariat Presiden, Rabu (16/12), Presiden Jokowi menjelaskan kebijakan gratisnya vaksin tersebut dibuat setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang mengenai keuangan negara.

Lihat Juga :  ‘Manunggal Tuntung Pandang’ Lanjut, Sukamta Ingatkan New Normal

Jokowi menginstruksikan jajaran kabinet, kementerian lembaga dan pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

Ia juga memerintahkan Menteri Keuangan untuk realokasi anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi gratis ini, sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin.

“Saya juga ingin tegaskan lagi nanti saya yang akan menjadi penerima pertama divaksin pertama kali. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman,”kata Presiden.

Lihat Juga :  Menyakitkan, Indonesia Dipaksa Mundur Dari All England

Di samping itu, Presiden juga mengingatkan masyarakat agar terus disiplin menjalakan 3M, yakni menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan untuk kebaikan bersama.

Pada 6 Desember 2020 lalu 1,2 juta dosis vaksin buatan Sinovac China telah tiba di Indonesia. Vaksin tersebut akan disuntikkan kepada penerima prioritas pertama yaitu tenaga kesehatan.(ant)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *