SEMANGAT LABA – LABA

Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan kalau lagi ada di rumah, biasanya tergantung hobi masing – masing. Kalau saya kebetulan memang suka merawat tanaman. Pada saat merawat tanaman itulah, saya bicara dan membelai tanaman apalagi yang berbunga dan berkembang.

Saat tadi pagi saya melihat tanaman ternyata ada sarang laba – laba (kabibitak). Setiap hari saya rusak karena sarangnya menjaring anggrek satu ke yang lain yang sedang berkembang. Pernah satu hari cuma lihatin, ternyata perutnya kenyang setelah menjaring mangsa. Tapi akhirnya saya harus tega untuk merusak sarangnya, tapi bukan laba – labanya. Ketika besok pagi sarang laba – laba sudah terbentuk lagi, saya hancurkan lagi.

Banyak motivasi saat orang melihat sarang laba – laba. Adakah dia lelah membangun sarangnya untuk menangkap mangsanya yang akan dia makan ? Tidak ada lelahnya. Pagi kita hancur dia bikin lagi, tidak ada rasa putus asa besok tidak buat lagi.

Semangat hidup yang tidak pernah mengenal putus ada diperlihatkan laba – laba. Kita bisa mengambil perumpaan ini dalam kehidupan kita. Belajar dari laba – laba. Suatu saat ada kegagalan dalam kehidupan apakah kita tenggelam, putus asa, frustasi dan tidak mau bangkit lagi ?

Itu pertanda, dalam kehidupan ini yang namanya kegagalan atau ketidaksuksesan menjadi hal yang biasa. Yang terpenting adalah bagaimana kita bangkit dari kegagalan atau keterpurukan itu. Bagaimana bangkit dari kondisi yang menyusahkan kita.

Itulah esensi yang diajarkan oleh laba – laba dalam kehidupan kita.

Saya kadang terharu melihat perilaku binatang – binatang kecil di sekeliling kita. Banyak hikmah, manfaat, inspirasi yang muncul pada saat kita memperhatikan kehidupan mereka. Ingatlah, laba – laba tidak pernah putus asa. Hanya karena persoalan kecil kadang kita tidak pernah bangkit lagi. Padalah yang namanya masalah itu biasa.

Laba – laba saja bangkit, kenapa kita tidak bisa ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *