Sekali Race F1 Indonesia Butuh Rp 1,1 T

Jakara, DUTA TV — Formula 1 merupakan salah satu olahraga paling mahal di dunia, bahkan bisa jadi yang termahal. Bukan cuma bicara teknologi mobilnya, tapi juga soal biaya penyelenggaraan yang sekali race saja membutuhkan biaya sekitar Rp 1,1 triliun.

Diberitakan sebelumnya, Indonesia tengah menyiapkan diri untuk menjadi tuan rumah balapan bergengsi di dunia. Tidak hanya MotoGP dan World Superbike saja, Indonesia dikabarkan siap menggelar balapan Formula 1.

Pihak Mandalika International Street Circuit telah melakukan diskusi dengan Formula 1 untuk menjadi tuan rumah balapan mobil jet darat tersebut. Sirkuit Mandalika dirancang tak cuma untuk memenuhi standar Grade A FIM untuk menggelar MotoGP, tapi juga memenuhi standar Grade 1 FIA sebagai syarat menyelenggarakan Formula 1.

“Sirkuit kami bisa memenuhi grade A FIA yang akan menggelar F1 dan kami sudah berdiskusi dengan F1 di Lombok,” kata CEO Mandalika Grand Prix Association Ricky Baheramsjah dikutip Pitpass.

Untuk diketahui, nyaris seluruh balapan F1 dibiayai oleh pemerintah negara masing-masing tuan rumah. Pada tahun 2015, dari 19 balapan yang digelar, 15 di antaranya dibiayai oleh negara (pemerintah negara tuan rumah).

Ini sejalan dengan anggapan bahwa balapan F1 merupakan ajang promosi sebuah negara, terutama terkait ‘jualan’ wisata. F1, terutama yang digelar di jalanan, memang bisa memamerkan keindahan atau bangunan-bangunan ikonik sebuah kota.

Ini menjadi alasan balapan dalam kota, seperti di Singapura dan Monaco, menjadi seri yang dianggap paling eksotis, dan berpeluang mendapat penonton televisi lebih banyak.(dtk)

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *