Saat Lebaran Warga di Satui Ditimpa Musibah Banjir

Tanah Bumbu, DUTA TV — Disaat kaum muslim tengah merayakan Hari Raya Idul Fitri , warga di tiga Desa wilayah Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu justru dihadapkan dengan musibah banjir sejak Lebaran pertama Kamis (13/05/2021) kemarin. Banjir yang terjadi sejak hari pertama lebaran menyebabkan ratusan rumah dan puluhan hektar sawah terendam.

Berdasarkan data dari Tim Relawan Aksi Cepat Tanggap ACT Kalsel, hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Tanah Bumbu pada Kamis kemarin mengakibatkan debit air sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Satui meluap ke pemukiman warga.

Lihat Juga :  Ribuan Rumah Rusak Akibat Banjir Akan Segera Mendapat Bantuan

Sebanyak 145 unit Rumah dan lahan sawah seluas 55 hektar terendam. ” Banjir Yang cukup parah dengan debit air mencapai setinggi Dada orang Dewasa di Desa Sinar Bulan ” ujar Fikri Marketing Komunikasi ACT Kalsel.

Akibat peristiwa ini, warga yang terdampak banjir terpaksa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman. Salah satunya di SMP Negeri 4 Satui .

Lihat Juga :  Banjir di Tanbu Mulai Penurunan Hingga 1,5 Meter

Tim Squad ERM ACT Kalsel Wilayah Tanah Bumbu sebanyak 15 Relawan menurunkan beberapa Perahu karet untuk mengevakuasi warga terdampak banjir di Kecamatan Satui, Tanah Bumbu ini, melanda tiga Desa. Yakni Desa Sungai Danau, Desa Sinar Bulan dan Desa Sejahtera Mulia,” lanjut Fikri.

Bahkan Tim Relawan ACT dari Kota Banjarmasin Pada Jum’at (14/05) siang akan dikirim ke Desa Sinar Bulan Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu , guna membantu evakuasi . Lantaran ketinggian air yang terpantau masih mengalami kenaikan .

Lihat Juga :  452 Hektare Lahan Pertanian di Tanbu Rusak Akibat Banjir

Reporter : Suhardadi

Rahmatillah


Editor & Uploader

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *