RSUD di Tanah Bumbu Kekurangan Tenaga Ahli

Tanah Bumbu, DUTA TV — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Andi Abdurrahman Noor Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, masih kekurangan tenaga dokter spesialis jantung dan paru-paru. RSUD tersebut pun mengharapkan para dokter hebat di Tanah Air berkenan ikhlas untuk datang mengabdi.

“Hingga saat ini kami belum memiliki ahli medis pada bidang itu untuk menangani pasien yang datang untuk berobat,” kata Direktur RSUD Tanah Bumbu Syaiful, melalui Kabag TU Batulicin, Rabu (11/4).

Dia mengatakan, selama ini apabila ada pasien yang berobat ke poliklinik spesialis jantung dan paru-paru harus dirujuk ke Banjarmasin. Namun, jika kondisi pasien masih memungkinkan untuk ditangani di RSUD Tanah Bumbu, maka pasien tetap dilayani dengan tenaga medis seadanya.

Untuk tenaga medis lainnya, seperti perawat, bidan, apoteker, spesielismata, kulit, anak, spesialis kandungan dan lainnya masih tercukupi. Namun, untuk dokter spesialis jantung dan paru-paru belum ada.

Saleh mengatakan, sebenarnya tahun ini baru ada satu dokter yang menyelesaikan pendidikan untuk mengambil spesialis penyakit paru-paru. Namun, yang bersangkutan masih dalam proses pemberkasan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab Tanah Bumbu.

Ia menjelaskan, dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, tim medis RSUD dr Andi AbdurrahmaNoor sudah merujuk pasien yang diduga terpapar virus coronajenis baru atau Covid-19 ke RSUD Ulin Banjarmasin dan RSUD Tanah Laut akibat keterbatasan tenaga dokter spesialis paru-paru.

Sejak Maret hingga November 2020, RSUD telah menangani pasien yang diduga terpapar virus corona kurang lebih mencapai 419 orang.(rol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *