Ribuan Warga Tapin Sholat Istisqo Minta Turun Hujan

DUTA TV TAPIN – Ribuan warga memadati lapangan Dwi Darma Rantau untuk melaksanakan sholat istisqo atau sholat meminta turunnya hujan, yang digelar oleh pemerintah kabupaten Tapin pada Rabu pagi (18/09/2019).

Do’a dipanjatkan pada yang maha kuasa agar hujan diturunkan untuk dapat membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah tersebut.

Kebakaran hutan sendiri sempat menyebabkan asap tebal dibeberapa hari belakangan sehingga dapat mengancam kesehatan warga setempat.

Dengan melakukan kegiatan rutin setiap tahun ini diharapkan kabupaten tapin dapat diberikan rahmat, sehingga kebakaran hutan dan lahan juga dapat teratasi.

“Artinya walaupun kemarau kita selalu meminta dengan sholat istisqo, nah mudah-mudahan dengan kita melaksanakan seperti tahun biasa kita diberikan Rahmat dan diberikan hujan, ya artinya semua orang dan semua masyarakat kita di Tapin ini pasti meminta hujan, mereka khawatir juga kalau lingkungan mereka dan rumah mereka takut kalau kebakaran, dan akhirnya mereka mendo’akan yang pertama masyarakat kita dan keluarga mereka”, ungkap Arifin Arpan Bupati Kabupaten Tapin.

Arifin Arpan Bupati Kabupaten Tapin

“Di sini kita tekankan adalah merubah kebiasaan masyarakat pada saat kemarau panjang, dan setelah panen jangan lah masyarakat itu membakar sisa padi yang sudah kering, namun harus bisa diolah kembali, karena membuka lahan baru tidak harus dengan cara membakar, karena dampak yang ditimbulkan luar biasa”, ujar AKBP Bagus Suseno kapolres Tapin.

AKBP Bagus Suseno kapolres Tapin

Sementara itu, pemerintah setempat juga mengajak seluruh masyarakat untuk bisa membantu peran petugas dalam upaya baik pencegahan maupun penanganan kebakaran lahan yang terjadi.

 

Reporter : Muhammad Irfansyah

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *