Pemilu Politik

Partai Nasdem Terbesar, PAS Nol Rupiah

DUTA TV KOTABARU Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotabaru mengumumkan laporan penerimaan sumbangan dana kampanye pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden serta partai politik peserta Pemilu 2019.

Untuk Paslon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 joko Widodo dan Maruf Amin sumbangan yang dilaporkan hanya Rp 2.800.000,-

Sedangkan lawannya Paslon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mencatat sumbangan Rp 0,-

Sementara Partai Nasional Demokrat mencatat penerimaan sumbangan dana kampanye terbesar mencapai Rp 333 juta.

“Semua dana kampanye harus dilaporkan. Serupiahpun harus dilaporkan. Kalau tidak, didiskualifikasi oleh KPU. Soal Nasdem yang tertinggi itulah yang dilaporkan teman – teman Caleg,”jelas Alfisah, Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Kotabaru mengenai perolehan sumbangan untuk Partai Nasdem yang tertinggi di Kotabaru.

Kemudian disusul Partai Kebangkitan Bangsa Rp 228 juta dan Partai Golkar Rp 139 juta.

Di sisi lain sumbangan dana kampanye terkecil dilaporkan Partai Garuda yakni hanya Rp 1, 675 juta. Hal ini seperti disampaikan Anggota KPU Kab Kotabaru, Jumantiliany.

Yang menarik, Partai Berkarya yang notabene salah satu pendatang baru pada Pemilu 2019 mampu meraup sumbangan di atas 100 juta rupiah melebihi beberapa partai besar.

 Dari hasil evaluasi yang dilakukan KPU Kabupaten Kotabaru, sejauh ini tidak ditemukan penerimaan sumbangan dana kampanye yang menyalahi aturan. Sumbangan hampir seluruhnya bersumber dari para Calon Anggota Legislatif masing-masing Parpol dengan jumlah tidak melebihi ketentuan, dan sedikit sekali yang berasal dari luar Parpol.

 

Reporter : Nazat Fitriah



Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *