Pangan yang Mantap Bantu Lawan Corona

Jakarta, DUTA TV — Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja di Pulau Pisang, Kalimantan Tengah. Kunjungan ini dilakukan untuk menyaksikan panen padi di kawasan food estate Kalteng.

Kunjungan yang tepatnya berlokasi di Desa Gadabung, Kecamatan Pandih Batu ini dihadiri oleh Syahrul dan jajaran pejabat eselon satu Kementerian Pertanian (Kementan).

Lihat Juga :  Hasil Panen Jagung Petani Gunung Melati Melimpah

Syahrul menjelaskan food estate merupakan upaya Kementan menjawab peningkatan pertumbuhan penduduk dan kebutuhan pangan, yaitu dengan mengoptimalkan lahan-lahan marginal, seperti lahan rawa pasang surut untuk memacu produksi melalui perluasan areal dan peningkatan produktivitas.

“Sebagaimana arahan Bapak Presiden, kita harus menggunakan cara-cara baru dengan pendekatan teknologi dan memperluas skala cara bertani kita,” kata Syahrul dalam keterangan tertulis, Rabu (10/2/2021).

Lihat Juga :  Food Estate Kalteng Siap Panen 6 Ton Per Hektare

Ia mengungkapkan total areal food estate di Kalimantan Tengah seluas 164.598 hektare. Sementara di Kabupaten Pulang Pisau sendiri luasnya sebesar 10 ribu hektare. Syahrul menambahkan, pengelolaan dan penanganan pertanian setiap daerah tidaklah sama.

Lebih lanjut, Syahrul menjelaskan food estate Kalteng bisa menjadi sesuatu yang besar. Meski demikian, ia menilai ada beberapa tantangan di antaranya serangan hama, cuaca yang ekstrem dan kerajinan petani.

Lihat Juga :  Hasil Panen Jagung Petani Gunung Melati Melimpah

“Kalau di lahan rawa hasil panennya bisa lima ton per hektare, itu sangat membanggakan. Oleh karena itu, melawan COVID-19 bukan hanya dengan vaksin tapi juga ketersediaan pangan yang mantap,” pungkasnya.(dtk)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *