New Normal, Mesjid Boleh Mengadakan Sholat Berjamaah

DUTA TV BANJARMASIN – Wabah Covid-19 selama beberapa waktu belakangan ini nyaris melumpuhkan hampir semua kegiatan sehari-hari warga Banjarmasin termasuk sholat berjamaah di mesjid.

Namun, saat pemberlakuan new normal nanti Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 kota Banjarmasin akan memperbolehkan kembali warga melakukan ibadah sholat berjamaah di mesjid asalkan tetap menerapkan beberapa peraturan atau persyaratan yang nantinya diberlakukan.

Lihat Juga :  Kaltim Tidak Penuhi Syarat Adaptasi Kebiasaan Baru

Beberapa syarat itu seperti tetap memberlakukan protokol kesehatan saat melaksanakan sholat berjamaah di mesjid karena Tim Gugus Tugas tidak ingin sampai terjadi atau ada Cluster baru yang berasal dari mesjid lantaran mengabaikan protokol tersebut. “Pase ke 3 new normal baru boleh memasuki rumah ibadah, tetapi dengan ketentuan. Jangan sampai nanti rumah ibadah menjadi Cluster baru penyebaran,” tutur Ibnu Sina Ketua Tim GTPP Covid-19.

Lihat Juga :  Kaltim Tidak Penuhi Syarat Adaptasi Kebiasaan Baru

Sementara itu, selain ibadah di mesjid, wmWakil Ketua Satu Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang juga Kapolresta Banjarmasin Kombespol Rachmat Hendrawan, juga mengizinkan adanya resepsi pernikahan kepada warga Banjarmasin saat pemberlakukan new normal nanti. “Bisa saja, tetap menjaga jarak, menyiapkan handsanitizer, social distancing, misalnya 100 orang dibatasi 50% saja,” ucap Kombespol Rachmat Hendrawan Wakil Ketua I Tim GTPP Kota Banjarmasin.

Lihat Juga :  Kaltim Tidak Penuhi Syarat Adaptasi Kebiasaan Baru

Peraturan tersebut masih akan disusun oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kota Banjarmasin agar nantinya saat pelaksanaan resepsi pernikahan tidak ada lagi penularan Covid-19. “Tapi kita membuat SOP dulu karena penerapan new normal ini tanggal 1 maka ada masih 2 sampai 3 hari untuk menyiapkan,” tambah Kombespol Rachmat.

Reporter : Zein Pahlevi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *