Cuaca Ekonomi

Nelayan Mulai Ramaikan Pelabuhan Perikanan Banjarmasin

DUTA TV BANJARMASIN – Sejumlah kapal nelayan mulai terlihat ramai di pelabuhan perikanan Banjarmasin di kawasan Barito Hulu Banjar Raya Rabu (09/01) siang. Sejumlah nelayan yang berasal dari Makasar dan Pulau Jawa ini diketahui baru saja tiba melaut.

Sebelumnya pelabuhan perikanan Banjarmasin sepi akibat cuaca ekstrim yang melanda perairan Kalsel maupun Laut Jawa.

Sejumlah nelayan mengaku hasil tangkapan mereka saat ini sudah kembali normal sehingga mampu membawa hasil tangkapan 10 hingga 25 ton perkapalnya.

“Syukur Alhamdulillah kapal sudah mulai masuk ke Banjarmasin. Kemarin ada dua buah kapal dengan kapasitas, satu kapal 25 ton dan 10 ton. Hari ini belum ada yang masuk, stok cukup banyak,”ungkap Rusdi Hartono Kepala Uptd Pelabuhan Perikanan Banjarmasin Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Kalsel.

Meski demikian para nelayan masih mengeluhkan tingkat penjualan mereka dalam beberapa hari terakhir yang hanya bisa menjual tiga ton ikan dalam sehari karena sepinya pembeli.

Pada Desember hingga awal tahun ini, kapal nelayan sempat terhambat merapat ke pelabuhan perikanan Banjarmasin. Hanya satu kapal yang datang dan hasil tangkapan ikan pun tak maksimal. Kondisi ini sempat memicu kenaikan harga akibat kosongnya stock ikan laut di pasaran.

 

Reporter : Zein Pahlevi – Nina Megasari


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *